Sukses

Lakukan 3 Hal Ini Dapat Membantu Anda Kembali Termotivasi

Hilangnya motivasi menjadi hambatan yang besar untuk mencapai tujuan Anda

Liputan6.com, Jakarta- Semua orang pasti pernah merasa tidak memiliki motivasi untuk beraktivitas. Rasanya sulit untuk melawan keinginan untuk bersantai dan rasa bermalas-malasan ketika motivasi Anda hilang. 

Tentunya hilangnya motivasi menjadi hambatan yang besar bagi Anda untuk mencapai tujuan Anda. Bila ini dibiarkan berlarut-larut, Anda justru merugikan diri sendiri.

Ketika Anda tidak memiliki motivasi untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan Anda, pertimbangkan kembali apa alasan yang menghambat Anda. Kemudian Anda dapat membuat beberapa rencana untuk membangun motivasi Anda kembali.

Bila Anda sudah tidak tahu lagi apa yang harus Anda lakukan untuk kembali termotivasi, berikut 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan motivasi Anda, dilansir dari verywellmind.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melawan pikiran Anda

Tentunya ini merupakan poin yang penting. Ketika Anda tidak termotivasi untuk menyelesaikan kerja atau tugas Anda, mungkin Anda akan menemukan berbagai macam alasan untuk tidak melakukannya. Seperti tugas yang dikerjakan terlalu sulit, atau merasa tidak pernah bisa melakukannya dengan selesai. Pikiran inilah yang akan membuat Anda semakin malas. 

Cobalah untuk melawan pikiran tersebut. Anda dapat membuat daftar yang menunjukkan apa yang selama ini bisa membuat Anda berhasil yang menunjukkan Anda dapat menghasilkan tugas tersebut. Anda juga dapat melakukan sugesti bahwa Anda bisa menyelesaikannya, dan buang jauh-jauh pikiran yang membuat Anda pesimis.

3 dari 4 halaman

Istirahat 5-10 menit

Pastinya Anda pernah tiba-tiba kehilangan motivasi di tengah aktivitas Anda. Merasa bosan, lelah, atau jenuh membuat Anda menjadi malas melakukannya kembali. Tentunya hal ini sangat wajar untuk terjadi. 

Anda dapat melakukan istirahat sejenak selama 10 menit sebelum akhirnya memulai kembali. Izinkan diri Anda untuk berhenti sejenak dari pekerjaan yang Anda lakukan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa jenuh ketika melakukan sebuah aktivitas. 

Ketika sudah beristirahat selama 10 menit, berusahalah untuk disiplin dan membuat diri Anda kembali semangat dan kembali termotivasi untuk menyelesaikan tugas Anda.

4 dari 4 halaman

Mencari Udara segar

Pergi berjalan-jalan di Alam untuk mencari udara segar, pemandangan, dan sedikit olahraga dapat meningkatkan motivasi Anda. Sebuah studi dari British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa berjalan 2,5 kilometer di taman mampu mengurangi kelelahan otak. 

Kegiatan ini dapat menenangkan otak yang dapat membantu Anda termotivasi kembali untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Alih-alih berjalan di jalan yang ramai atau di perkotaan, Anda dapat pergi ke taman yang dikelilingi oleh alam untuk memberikan pelarian yang mental Anda butuhkan. 

Penulis

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.