Sukses

Patut Dicoba, 5 Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat

Jika Anda menyadari bahwa Anda pelupa, coba lakukan beberapa hal ini untuk meningkatkan daya ingatmu.

Liputan6.com, Jakarta - Lupa memang menjadi hal yang lumrah dialami setiap individu. Namun, pelupa nyatanya bukan bagian normal dari penuaan yang dialami seseorang. 

Jika Anda menyadari bahwa Anda pelupa, coba lakukan beberapa hal ini untuk meningkatkan daya ingatmu.

Berikut cara mudah dan tidak biasa untuk mempertajam ingatanmu, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (27/8/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengepalkan Tangan

Para psikolog AS mengatakan bahwa mengepalkan tangan kanan selama 90 detik membantu dalam pembentukan memori. Gerakan yang sama di sebelah kiri dapat meningkatkan daya ingat memori.

Kesimpulan ini dibuat setelah percobaan dengan 50 orang dewasa yang berkinerja lebih baik dalam mengingat kata-kata dari daftar panjang, sambil mengepalkan tangan mereka.

3 dari 6 halaman

2. Perhatikan 4 Detail Saat Keluar Rumah

Coba mulai perhatikan empat detail orang yang Anda temui di depan umum. Misalnya, perhatikan warna rambut mereka, jenis sepatu yang mereka kenakan atau bau mereka.

Sebenarnya Anda telah sampai pada titik di mana sering gagal menerima informasi bahwa otakmu harus menghafal dan dimungkinkan untuk memperbaikinya. Saat duduk di kafe, coba pilih satu orang dan jelaskan secara rinci di kepalamu.

4 dari 6 halaman

3. Buka Jendela Saat Mengendarai Mobil

Mengemudi dalam keheningan bisa sangat santai, tapi jika cuaca di luar sedang baik, asri dan segar, coba buka jendela mobilmu.

Otak Anda akan segera mulai membuat asosiasi antara pemandangan, suara dan bau yang Anda rasakan.

5 dari 6 halaman

4. Membaca Buku dengan Keras

Membaca buku dengan keras dapat meningkatkan daya ingatmu. Berbicara dan mendengar diri sendiri berbicara membantu otak untuk menyimpan informasi.

Anda bisa berlatih ini dengan teman atau keluargamu. Jika Anda tidak bisa melakukannya, alangkah baiknya untuk beralih ke buku audio. Pembacaan semacam ini melibatkan imajinasi dengan cara yang berbeda dan daerah otak lainnya mulai bekerja.

6 dari 6 halaman

5. Makan dengan Sumpit

Dengan melibatkan area terkonsentrasi sel-sel saraf di ujung jarimu bisa merangsang otak. Aktivitas ujung jari, seperti menggunakan sumpit, membantu otakmu untuk meningkatkan sirkulasi.

Ditambah makan dengan penuh perhatian dapat membantu pencernaanmu dan membantumu mengendalikan kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.