Sukses

13 Agustus, Hari Kidal Sedunia, Mereka Lebih Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Pada sebagian masyarakat kita, menganggap tangan kiri identik dengan tangan yang tidak bagus. Sampai sekarang masih terjadi praktik-praktik yang memaksa orang-orang bertangan kidal  untuk memakai tangan kanan sebagai tangan yang dominan.

Dengan kondisi tangan kiri yang mendominasi, mereka mengalami ketidaknyamanan di tengah dunia yang didominasi oleh orang-orang yang tangan kanannya lebih dominan.

Jumlah mereka mencapai 7-10 persen dari populasi dunia. Dan mereka harus beradaptasi untuk menggunakan peralatan yang diciptakan untuk orang-orang yang bukan kidal.

13 Agustus diperingati sebagai Hari Kidal sedunia ( International Lefthanders Day) agar warga makin aware dengan keberadaan mereka. Pertama kali perayaan ini dilakukan pada tahun 1976.

Dengan peringatan ini diharapkan setiap orang yang mempunyai keunikan ini tetap terhubung dengan perkembangan, membuat pandangan mereka dipertimbangkan produsen, memberikan bantuan dan saran, serta mempromosikan penelitian kidal dan pengembangan barang-barang yang mendukung orang-orang yang tangan kirinya lebih mendominasi.   

Mengutip Everyday Health orang-orang kidal mempunyai kecenderungan unik. Mereka  lebih kreatif dalam berkarya dan mengembangkan skillnya. Mereka juga lebih pintar dalam berolahraga dibanding orang yang mengandalkan tangan kanan.

Beberapa tokoh popular yang bertangan kidal diantaranya Barack Obama, Bill Clinton dan George W. Bush.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Hari Penting Agustus 2021

01 Agustus : Hari ASI Sedunia (Internasional)

05 Agustus : Hari Dharma Wanita Nasional

08 Agustus : Hari Ulang Tahun ASEAN

08 Agustus : Hari kucing

09 Agustus : Hari Masyarakat Adat (Internasional)

10 Agustus Hari Konservasi Alam Nasional

10 Agustus : Hari Veteran Nasional

10 Agustus : Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

12 Agustus : Hari Remaja (Internasional)

12 AgustusHari Gajah se-Dunia

14 Agustus : Hari Pramuka (Praja Muda Karana)

17 Agustus : Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

18 Agustus : Hari Konstitusi Republik Indonesia

19 Agustus : Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

19 Agustus Hari Kemanusiaan se-Dunia

19 Agustus Hari Orang Utan se-Dunia

21 Agustus : Hari Maritim Nasional

24 Agustus : Hari Televisi Republik Indonesia (TVRI)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.