Sukses

4 Tanaman Hias Ini Mampu Menyerap Kelembaban, Bikin Udara Segar

Liputan6.com, Jakarta Suasana lembab di rumah menjadi masalah bagi setiap orang. Keadaan udara yang lembab ini dapat menyebabkan kerusakan pada dinding dan langit-langit. Tumbuhan lumut dan jamur bisa muncul pada dinding yang lembab itu.

Udara yang lembab ini dapat terjadi karena sirkulasi udara yang tidak baik. Maka sangat disarankan saat membangun rumah, ventilasi udara harus diatur sebaik mungkin.

Ruangan yang lembab juga membuat suasana menjadi tidak nyaman. Selain memperbaiki ventilasi udara, menyimpan tanaman yang mampu menyerap udara lembab juga bisa dilakukan. Ketahui rekomendasi tanamannya di bawah ini, dikutip dari Bright Side, Jumat (23/07/2021).

 

2 dari 6 halaman

1. Mint

Tanaman mint termasuk ke dalam tanaman aromatik yang sangat populer. Tanaman ini dapat disimpan di ruangan yang lembab udara, Sebab mint mampu tumbuh di lingkungan dan tanah yang lembab.

Sebagai informasi, tanaman mint juga dapat hidup dalam kondisi iklim berbeda. Jadi, tidak masalah jika disimpan di bawah sinar matahari langsung. 

3 dari 6 halaman

2. Anggrek

Anggrek dapat menyerap udara lembab karena akarnya tidak tumbuh di tanah. Sehingga mereka hidup dengan menyerap nutrisi dari udara di tempat mereka tinggal. Tanaman ini bisa disimpan di kamar mandi sebagai tempat yang paling lembab di rumah.

4 dari 6 halaman

3. Anyelir

Anyelir merupakan kelompok tumbuhan epifit, yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain. Anyelir tidak dapat menyerap nutrisi dari tanah.

Mereka hanya mengandalkan udara sekitar dan sel-sel khususnya bernama trikoma akan menyerap air dari hujan atau pada saat tanaman ini disiram.

Hal ini membuat anyelir dapat tumbuh di lingkungan yang lembab, daerah yang sering hujan, atau beberapa ratus meter di atas permukaan laut.

5 dari 6 halaman

4. Pakis Boston

Pakis Boston atau nephrolepis exaltata adalah tanaman hias yang populer. Tumbuhan ini biasanya ditanam di pot gantung dan disimpan di teras rumah.

Pakis Boston dapat tumbuh subur jika hidup di tempat yang lembab dan teduh. Hal ini membuatnya dapat mengurangi kelembaban di ruangan karena tumbuhan ini menyaring bahan kimia dari udara.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: