Sukses

Wajib Coba, 5 Tips Produktif Selama WFH Saat PPKM Darurat

Beberapa tips agar lebih produktif selama WFH ketika PPKM darurat berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan PPKM darurat guna mencegah lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Akibatnya, para pekerja pun harus kembali bekerja dari rumah alias Work from Home. Hal tersebut untuk mengurangi sekaligus menekan penyebaran Covid-19 termasuk kerumunan di perkantoran.

Meski tak mendapat pengawasan langsung dari atasan, bekerja dari rumah bukanlah hal yang mudah. Beberapa pekerja justru merasa WFH menjadi tantangan tersendiri.

Pasalnya, para pekerja dituntut harus tetap produktif untuk menyelesaikan pekerjaannya meski dari rumah. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif selama menjalani WFH dan terhindar dari rasa malas yang bisa membuat pekerjaan terbengkalai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pertahankan rutinitas pagi

Sama seperti saat pergi bekerja menuju kantor, Anda bisa mengembangkan rutinitas pagi supaya bekerja dari rumah lebih produktif. Buatlah rencana saat pagi hari setelah bangun tidur dan ulangi setiap hari agar mendapatkan efek positif untuk pola pikir dan pekerjaan Anda.

Meski bekerja dari rumah, hindarilah menggunakan piyama atau baju tidur. Pasalnya, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Sebaiknya, kenakanlah pakaian khusus kerja untuk memastikan Anda bisa melakukan pekerjaan seperti biasa di kantor. Secara psikologis dengan mengganti pakaian untuk bekerja di rumah dan saat tidur dapat mengubah pola pikir dan membuat Anda lebih fokus untuk bekerja.

3 dari 6 halaman

2. Jaga komunikasi

Meski sedang menjalani WFH, bersosialisasi seperti di tempat kerja juga sangat penting. Pasalnya, berada di rumah saja bisa membuat putus asa dan kesepian sehingga berpengaruh buruk bagi kesehatan mental.

Anda tetap bisa terhubung dengan rekan kerja melalui telepon video, seperti Zoom atau Google Meet. Lakukanlah minimal satu kali dalam seminggu agar Anda tetap terhubung dan bersemangat dalam bekerja. 

4 dari 6 halaman

3. Miliki ruang kerja sendiri

Sebuah studi menunjukkan bahwa memiliki ruang kerja tertentu dapat membantu Anda lebih fokus. Jika Anda tidak memiliki ruangan khusus untuk bekerja, Anda bisa memanfaatkan ruang yang tersedia sebaik mungkin. Ada beberapa tempat yang disarankan, seperti di meja makan atau meja lorong.

Hindarilah bekerja di kamar tidur karena tubuh dan pikiran Anda akan otomatis mengaitkan ruangan itu dengan tidur. Selain itu, hindari pula bekerja di ruangan yang sama agar tak bosan.

5 dari 6 halaman

4. Mendengarkan musik

Salah satu kesempatan untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik adalah dengan memutar musik favorit. Anda juga bisa menyetel musik klasik dan instrumental karena jenis musik ini dianggap mampu membantu meningkatkan produktivitas dan menjaga pikiran tetap tajam.

Ada berbagai jenis musik yang dapat membantu bekerja dari rumah selama PPKM lebih menyenangkan dan produktif. Namun, hindarilah musik yang mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan.

6 dari 6 halaman

5. Menjaga kesehatan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan di rumah adalah menjaga kesehatan. Dengan kondisi tubuh yang sehat, Anda bisa menjalani berbagai aktivitas dengan nyaman.

Konsumsi makanan sehat secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan sehat. Selain itu, pilihah makanan yang mengandung gizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji terlalu banyak.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan. Setelah itu, pastikan kualitas tidur tetap terjaga dengan baik, yakni 7-9 jam setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.