Sukses

Kelab Malam Ini Jadikan Uang sebagai Dekorasi, Nilainya Miliaran Rupiah

Liputan6.com, Jakarta Pub atau public house atau kelab malam biasanya didesain dengan ornamen klasik atau vintage. Namun, berbeda dengan Pub yang berlokasi di Florida ini. Pasalnya, sang pemilik mendekorasi Pub dengan uang jutaan dolar sebagai hiasan di berbagai sudut ruangannya.

Bernama McGuire’s Irish, Pub ini menjadi viral dan ramai pengunjung karena memiliki desain ruangan yang antimainstream.

Melansir Oddity Central, Pub McGuire’s Irish Pub berdiri sejak tahun 1977 ketika William McGuire bersama istrinya, Molly membangun bisnis. Keduanya merawat bar tersebut dengan tekun hingga mendapatkan pengunjung.

 

2 dari 4 halaman

Tip dari pelanggan ditempel dan digantung

Saat mereka mendapatkan tip $1 pertama kali, pasangan ini merayakannya dengan menulis tanggal di atas uang tersebut. Setelah itu, mereka menempelkannya sebagai lambang keberuntungan.

Seiring berjalannya waktu, Pub menjadi semakin ramai oleh pelanggan. Uniknya, tak sedikit pelanggan yang ingin menambahkan koleksi dari pasangan tersebut dengan memberikan tip. Mereka pun menggantung setiap uang tip dari pelanggan di langit-langit ruangan Pub.

“Bangunan ini 15.000 kaki persegi dan ada uang kertas di setiap bagian langit-langitnya. Kami menghitungnya setiap tahun dan kami membayar pajak atas pertumbuhan di dalamnya. Kami memperlakukannya sebagai aset,” kata William McGuire.

Menurut perhitungan William, ada sekitar $175.000 atau senilai Rp2,4 milyar. Namun, saat ini diperkirakan hampir dua juta dolar yang menggantung di langit-langit Pub tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Tak bisa dibelanjakan

Dengan jumlah uang yang tak sedikit dan terpampang nyata, ada saja percobaan pencurian yang kerap terjadi. Seorang karyawan bahkan pernah tergoda untuk mencuri uang yang menempel pada walpaper pub tersebut.

Meski begitu, uang yang berasal dari McGuire’s Pub sulit untuk dibelanjakan. Pasalnya, setiap uang yang ditempel telah diberi tanda tangan menggunakan spidol dan ada sebuah lubang steples. Saking terkenalnya, seluruh bank di AS tidak akan menerima penukaran uang yang diambil dari Pub tersebut.  

“Teller langsung tahu jika uang itu dari McGuire’s dan biasanya mereka segera lapor, sehingga tersangka sangat mudah tertangkap,” kata seorang polisi saat ditanya pencurian di McGuire’s.

Kini, McGuire’s Irish Pub telah memiliki cabang di Destin, Florida, Amerika Serikat. Pub tersebut juga memiliki uang senilai $1,7 juta yang menggantung di langit-langitnya.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: