Sukses

Mudah Dicoba, 5 Cara Sederhana Menghilangkan Kapalan

Liputan6.com, Jakarta - Kapalan adalah area atau lapisan kulit yang keras dan menebal yang terbentuk akibat gesekan atau tekanan pada kulit. Kapalan muncul secara alami untuk melindungi kulit di bawahnya.

Kapalan bisa terjadi di bagian tubuh yang mengalami gesekan berulang. Namun, dibandingkan bagian tubuh lainnya, kaki dan tangan paling sering menjadi tempat tumbuhnya kapalan.

Meski bersifat melindungi, lapisan kulit yang mengeras itu kadang terasa meyakitkan dan tampilannya membuat seseorang tak percaya diri. Tak heran jika sebagian orang ingin menghilangkan kapalan.

Berikut lima cara menghilangkan kapalan dengan aman dan mudah dilakukan, seperti melansir dari berbagai sumber Jumat (4/6/2021).

2 dari 7 halaman

1. Kurangi Gesekan

Kapalan terbentuk karena gesekan yang terjadi secara terus menerus. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi gesekan pada bagian yang mudah timbul kapalan.

Untuk menghentikan munculnya pembentukan kapalan baru, tambahkan bantalan moleskin pada sepatu Anda. Letakkan pada bagian yang kerap merasakan gesekan paling besar. Selain itu, gunakan sarung tangan saat berolahraga atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang kasar.

3 dari 7 halaman

2. Rendam dalam air sabun hangat

Cobalah rendam kapalan dengan air sabun hangat selama 20 menit. Setelah bagian kulit kapalan melunak di dalam air, gosok kulit yang mengeras dengan lembut. Kemudian, keringkan dengan kain atau handuk.

4 dari 7 halaman

3. Beri pelembab

Oleskan pelembab yang diformulasikan khusus untuk kulit tebal yang ada di kaki. Pilihlah pelembab yang dapat menghidrasi dan membuat kulit halus. Anda bisa mengoleskannya sebelum tidur lalu gunakan kaos kaki agar meresap semalaman.

5 dari 7 halaman

4. Gosok dengan garam Epsom

Garam Epsom sebagai eksfoliator dapat membantu mengangkat sel kulit mati, termasuk kapalan yang terjadi karena penumpukan kulit ekstra. Butiran garam yang halus ini mampu mengendurkan otot sekaligus menenangkan kulit.

Caranya, campurkan dua sampai tiga sendok makan garam Epsom ke dalam ember berisi air hangat. Rendam beberapa saat agar kulit kapalan yang keras lebih mudah mengelupas.

6 dari 7 halaman

5. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan kapalan. Kandungan asam pada cuka apel mampu melembutkan lapisan kulit kapalan yang mengeras.

Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding empat. Rendam bagian tubuh yang kapalan selama 20 menit sehingga kulit kapalan mudah mengelupas. Gosoklah secara perlahan agar tidak terjadi iritasi.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: