Sukses

5 Cara Alami Atasi Kapalan yang Bisa Dicoba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kamu mungkin pernah mengalami kapalan, baik pada bagian kaki dan tangan. Kapalan menjadi suatu kondisi di mana jaringan kulit mengeras dan membentuk lapisan berwarna gelap dan kering.

Kapalan kerap terjadi di bagian tubuh yang memiliki tulang menonjol seperti siku, lutut, dan mata kaki.

Kapalan sebenarnya bukanlah masalah kulit yang berbahaya, hanya saja terkadang cukup mengganggu. Tapi jangan khawatir, kapalan bisa diatasi dengan bahan-bahan alami.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan kapalan secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Rendam Air Hangat

Sesuai saran American Academy of Dermatology, Anda bisa mengatasi kapalan dengan rendaman air hangat.

Caranya cukup rendam tangan atau kaki yang kapalan di dalam air hangat selama 5-10 menit. Setelah itu, keringkan tangan atau kaki dengan digosok handuk. Saat inilah kulit yang kapalan akan lebih lunak sehingga mudah untuk dikikis.

2 dari 6 halaman

2. Cengkeh dan Lemon

Dikutip dari Health Me Up, Kamis (8/10/2020), cengkeh dan lemon bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kapalan. Caranya campur air lemon dan cengkeh selama 15 menit.

Kemudian keluarkan cengkeh dan usapkan air ramuan tersebut di kulit yang kapalan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

3 dari 6 halaman

3. Bawang Putih dan Cuka

Cara selanjutnya, Anda juga bisa mencoba ramuan bawang putih dan cuka. Campur kedua bahan tersebut di mangkuk, lalu tempatkan mangkuk tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari. Oleskan cairan ini sebelum tidur dan kulit kapalan Anda akan melunak dan terkikis secara perlahan.

4 dari 6 halaman

4. Minyak Jarak

Rendam kaki ke dalam minyak jarak atau castor oil selama beberapa menit setiap hari. Cara ini dikatakan ampuh untuk melunakkan bagian kulit yang mengeras.

5 dari 6 halaman

5. Kulit Lemon

Selain memanfaatkan perasan air lemon, Anda juga bisa menempelkan kulit lemon di kulit yang kapalan. Anda bisa membungkusnya dengan plester dan diamkan beberapa saat. Ulangi cara ini agar mendapatkan hasil yang optimal.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: