Sukses

Yuk Coba, 5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Kapalan dalam Sekejap

Mudah dan murah, berikut deretan cara alami hilangkan kapalan dalam sekejap.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah kulit yang kerap dialami banyak orang adalah kapalan. Kapalan merupakan kondisi ketika jaringan kulit mengeras dan membentuk lapisan berwarna gelap dan kering.

Kapalan kerap terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan, siku atau mata kaki. Kamu tentu akan merasa sangat terganggu dan tidak nyaman saat sedang mengalami kapalan.

Tapi tenang, ada beragam cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kulit kapalan dalam sekejap. Penasaran apa saja bahan-bahannya? Berikut ulasannya.

1. Bawang Putih dan Cuka

Bahan alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kapalan dengan mudah adalah campuran bawang putih dan cuka. Caranya adalah campurkan bawang putih yang telah dihaluskan dengan cuka secukupnya. Oleskan cairan ini ke kulit yang kapalan sebelum tidur. Nantinya kulit yang kapalan akan melunak dan terkikis secara perlahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Minyak Jarak

Castor oil atau minyak jarak sangat kaya akan vitamin E dan anti oksidan dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan kulit. Kamu bisa mengatasi kulit kapalan dengan merendam kaki ke minyak jarak selama beberapa menit secara rutin setiap hari. Cara ini akan melunakkan bagian kulit yang kapalan.

3 dari 5 halaman

3. Cengkeh dan Lemon

Campuran cengkeh dan lemon juga dikatakan mampu menghilangkan kulit kapalan. Caranya campur perasan lemon dan cengkeh selama 15 menit. Setelah 15 menit, usapkan campuran tersebut ke kulit yang kapalan. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari.

4 dari 5 halaman

4. Garam Epsom

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kaki atau tangan yang kapalan adalah dengan merendamnya di larutan garam epsom. Garam epsom merupakan magnesium sulfat yang terbentuk dari senyawa kimia yang mengandung magnesium, belerang dan oksigen.

Larutkan 2-3 sendok makan garam epsom ke satu baskom air hangat. Rendam kaki atau tangan kapalan dalam larutan tersebut.

5 dari 5 halaman

5. Kulit Lemon

Tidak hanya perasan lemon, kamu juga bisa memanfaatkan kulitnya untuk mengatasi kapalan. Kamu bisa rekatkan kulit lemon di bagian kulit yang kapalan dengan plester dan diamkan beberapa saat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.