Sukses

Lifepack Beri Kelas Whatsapp Gratis Bagi Pengidap Diabetes

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit kronis yang banyak diidap masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit kronis yang banyak diidap masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, diabetes dapat menjadi penyebab utama kebutaan, penyakit jantung, hingga gagal ginjal.

Untuk itu, pengidap diabetes harus menjaga gaya hidupnya demi meminimalisir dari risiko komplikasi dengan mematuhi berbagai aturan yang ditetapkan oleh dokter. 

dr. Irma Lidia, tim dokter apotek online Lifepack.id mengungkapkan, ada tujuh kewajiban yang harus dijalankan para pengidap diabetes.

“Penting sekali untuk penderita diabetes disiplin dalam menerapkan gaya hidup sehat, di antaranya; menjaga pola makan, berolahraga, kontrol secara rutin, menjaga kebersihan mulut, mengelola stres, hindari merokok dan disiplin dalam minum obat," kata Irma, dalam keterangan pers-nya, Senin (24/5/2021).

Para pengidap diabetes wajib memperhatikan beberapa hal tersebut, karena penyakit ini merupakan ancaman yang nyata bagi masyarakat, di mana setiap tahunnya pengidap diabetes terus bertambah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengidap Diabetes Tiap Tahun Meningkat

Setiap tahunnya pengidap diabetes di seluruh dunia terus bertambah. Organisasi International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan prevalensi diabetes akan terus meningkat mencapai 578 juta orang di tahun 2030 dan 700 juta orang di tahun 2045. 

“Tingginya angka penderita diabetes tidak bisa dianggap sepele, karena diabetes merupakan silent killer yang mengintai masyarakat. Untuk itu, bagi pengidap diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah hal utama yang harus dilakukan," tambah Irma.

Untuk mengontrol kadar gula darah tentunya harus mengatur pola makan dengan baik yaitu memperhatikan kandungan, kuantitas, dan asupan makanan. Selain itu, harus dibarengi dengan aktivitas berolahraga agar penyandang diabetes dapat memiliki berat badan yang ideal dan gula darah terkontrol dengan baik.

 

3 dari 3 halaman

Kelas Gratis untuk Pengidap Diabetes

Pemerintah melalui Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), mendorong pengidap diabetes dapat menerapkan gaya hidup yang lebih sehat untuk mengendalikan diabetes, di antaranya; Pengaturan Pola Makan (3J - Jenis, Jumlah, Jadwal), Aktivitas fisik menyesuaikan kemampuan tubuh, dapat dilakukan minimal 30 menit/ hari dengan intensitas sedang (50-70% maximum heart rate).

Selanjutnya, Tatalaksana atau Terapi Farmakologi harus mengikuti anjuran dari dokter, setidaknya setiap enam bulan sekali, penyandang diabetes harus dievaluasi pengobatan, gaya hidup, dan kepatuhan pengobatan. Terakhir adalah melibatkan peran keluarga untuk mendorong pengidap diabetes patuh minum obat dan berperilaku gaya hidup sehat.

Natali Ardianto, CEO Lifepack & Jovee mengungkapkan, masih banyak masyarakat yang menyepelekan penyakit diabetes, padahal diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika tidak dilakukan penanganan yang tepat.

"Untuk itu, apotek online Lifepack dalam rangka membantu kepatuhan pengobatan pengidap diabetes maupun yang merawat diabetes, kami mengadakan program kelas Whatsapp diabetes gratis untuk 200 orang pengidap diabetes maupun yang merawat," jelas Natali.

Seluruh materi dalam kelas tersebut akan dibawakan langsung oleh dokter, apoteker, dan nutrisionis dari apotek online Lifepack.

Kelas Whatsapp diabetes gratis akan dilakukan selama enam minggu dimulai tanggal 22 Mei 2021. Adapun kurikulum yang disampaikan beragam, dari mulai pengetahuan umum tentang diabetes, pola konsumsi yang tepat, jenis obat-obatan, cara penyimpanan, dan waktu konsumsi obat, hingga kiat untuk mencegah atau memperlambat penyakit komorbid. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes