Sukses

Manfaat Rebusan Daun Keji Beling, Bantu Atasi Gula Darah hingga Kolesterol

Indonesia kaya dengan obat herbal, salah satunya daun keji beling yang jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Daun kejibeling telah banyak digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat Indonesia. Namun, penggunaan daun tersebut belum cukup populer. Daun ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang paling terkenal yaitu sering digunakan sebagai obat diabetes.

Tanaman liar yang berasal dari Madagaskar ini biasa tumbuh di ketinggian 50 - 1.200 mdpl, dan dapat ditemukan di tepi sungai atau hutan. Tanaman ini juga bisa ditanam di pekarangan rumah dengan keadaan tanah yang subur.

Kejibeling atau biasa disebut dengan pecah beling memiliki kandungan seperti kafein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, antioksidan dan lainnya. Ini manfaat yang didapat dari mengkonsumsi rebusan air daun kejibeling, yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kejibeling yang telah difermentasi dan diolah menjadi teh telah dibuktikan dapat menurunkan kadar gula darah.

Penggunaannya juga tidak memiliki efek samping seperti hipoglikemia atau gula darah rendah.

3 dari 5 halaman

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Antioksidan yang terkandung dalam daun kejibeling ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Selain itu, juga melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Daun kejibeling harus melalui proses fermentasi agar memberikan hasil yang memuaskan.

4 dari 5 halaman

3. Merontokkan Batu Ginjal dan Batu Kandung Kemih

Obat herbal ini dapat merontokkan batu ginjal dan batu kandung kemih. Hal ini karena kejibeling mengandung bahan aktif yang bermanfaat mengobati penyakit batu ginjal dan penyakit kandung kemih.

Daun kejibeling dapat dicampur dengan daun kumis kucing dan daun tempuyung untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

4. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang ada pada daun kejibeling, seperti katekin, tanin, alkaloid, flavonoid, dan polifenol, dapat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.