Sukses

Puasa Bikin Gagal Fokus, Pemuda Ini Sampai Salah Arah Kiblat Waktu Salat

Liputan6.com, Jakarta Warga Tiktok belakangan ini perhatian teralihkan  dengan unggahan dari seorang pria bernama Arya Pramanda yang menemui kejadian lucu saat teman-teman menjalankan ibadah salat. Namun sayangnya, mereka tak menyadari kesalahan pada kiblatnya. 

Padahal, salat merupakan rangkaian ibadah suci dan kewajiban umat muslim. Ketidaksengajaan itu menjadi lucu, membuat temannya tertawa usai salat dan mengabadikan momen tersebut lewat unggahan Tiktok Arya @fk.yyy pada Minggu (18/4/2021).

Sontak, ada saja warganet yang dibuat geram dengan tingkah mereka. Sisi lain, ada pula yang memiliki pengalaman yang sama seperti mereka.

2 dari 6 halaman

Merupakan pendatang

Insiden itu terjadi bukan disengaja dan tanpa alasan. Rupanya, mereka bukan warga setempat yang biasa salat di mushola itu. Dan wajar kesalahan kiblat itu dialami teman-temannya.

"Waktu itu saya perjalanan pulang dari jogja selepas tes utbk. Di tengah perjalanan, saya dan teman-teman singgah di mushola daerah Wonosari untuk melakukan sholat dzuhur.  Kita sebagai pendatang tidak diperkenankan sholat di dalam jadi hanya di serambi saja mungkin karena COVID ini," pungkas Arya saat diwawancarai tim Liputan6.com. 

3 dari 6 halaman

Salah kiblat dan mengulang salatnya

Untungnya, Arya lebih teliti mengecek ruangan di Masjid itu. Benar saja, mereka yang lebih dulu salat harus mengulangi salatnya karena kiblatnya salah.

"Saya ikut sholat, tapi saya lihat-lihat dulu hingga buka pintu masjid ternyata arah mimbar masjid dengan arah kiblat sholat teman saya berbeda," tambahnya.

4 dari 6 halaman

Momen pembuktiannya salah kiblat

@fk.yyy

efek puasa nii 🤣 ##fyp ##BetterMoodExpression ##RamadanBersamaAQUA

♬ Panik ngga - Ragil
5 dari 6 halaman

Respons Warganet

Unggahan kumpulan pemuda yang salah kiblat waktu salat dibuat keheranan. Meski demikian, tak sedikit mereka yang merespon dengan candaan tetapi ada juga yang menegur. Hingga kini, video itu telah ditonton sebanyak 188 ribu orang pada Kamis (22/4/2021).

"Makan dulu bang biar khusuk😂," tulis akun @frjisepriansyah. 

"Aku yakin mereka orang” yang bener” puasa😂," sahut akun @Aji Wicaksono.

"Salah kiblat anjirr, gua pernah gitu. Numpang sholat tapi gatau kiblat dan langsung sholat tanpa nanya.. pas selesai sholat orangnya bilang salah mas kiblatnya😅" jelas akun @4DSHANS. 

"Mas kiblatmu salah, itungane ndek gusti allah ttep diitung pahala, meski didiskon😂," tutur akun @mas r. 

"Astagfirullahaladzim Calon imam Idaman Banget 😁😌😌😌," kata akun @MARIANAANSOLEH:

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Piihan Berikut Ini: