Sukses

Santap Makan Malam Sehat dengan Kombinasi Bayam & Spagheti Aglio e Olio

Liputan6.com, Jakarta - Menikmati hidangan yang enak dan mudah dibuat menjadi hal yang menyenangkan setelah melewati harii yang melelahkan. Gaya hidup yang sehat juga tidak hanya mendorong menyantap makanan yang enak, tetapi makanan yang sehat juga sangat diperlukan.

Hidangan pasta yang berasal dari Italia juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk disantap saat makan malam tiba. Spaghetti Aglio e Olio merupakan sebuah hidangan yang dibuat dari tumisan yang diiris atau dicincang dalam minyak zaitun yang juga dapat ditambahkan bubuk cabai kering, dan dicampur dengan spaghetti.

Spaghetti Aglio e Olio yang dikombinasikan dengan sayur bayam ini yang akan membantu mengikuti pola makan sehat. Bayam dapat memberikan banyak vitamin dan mineral tambahan dalam spagheti. Manfaatnya juga akan baik untuk kesehatan jantung yang berasal dari magnesium dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena folat.

Melansir dari Very Well Fit, bayam merupakan makanan yang bergizi dan berserat tinggi sehingga dapat menambah volume, warna, tekstur, vitamin, dan mineral pada resep. Sebelum disebutkan resep untuk spaghetti bayam Aglio e Olio, berikut sedikit penjelasan tentang nutrisi pada bayam.

2 dari 5 halaman

Nutrisi dalam Bayam

Bayam yang merupakan sayuran berdaun hijau dapat dianggap sebagai makanan “gratis” pada diet rendah karbohirat karenan memberikan serat dan sangat rendah kalori. Sebagian bersar karbohidrat yang terkandung dalam bayam berasal dari serat, sehingga bayam dapat mengenyangkan.

Di dalam bayam juga mengandung protein yang sama jumlah dengan karbohidrat. Selain itu, tidak ada lemak yang terkandung dalam sayuran bayam ini. beberapa vitamin dan mineral yang terkandung ialah vitamin K, vitamin C, mangan, zat besi, kalium, dan vitamin A.

Oleh karena itu, banyak juga manaat yang didapatkan dari mengonsumsi bayam, seperti dapat membantu menjaga berat badan, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan mata, mencegah rambut rontok, dan meningkatkan fungsi pada darah.

 

 

3 dari 5 halaman

Bahan-Bahan Spaghetti Bayam Aglio e Olio

Resep yang dilansir dari lama Very Well Fit ini menawarkan beberapa aspek yang menggiurkan seperti tidak banyak memakan waktu, lebih sehat, dan juga lebih murah. Dalam spaghetti bayam Aglio e Olio ini memiliki kandungan nutrisi yaitu 290 kalori, 8 gram lemak, 45 gram karbohidrat, dan 10 gram protein.

Waktu pembuatannya diperkirakan 15-20 menit untuk membuat makanan ini. Bahan-bahan yang akan diberikan di bawah ini disiapkan untuk 2 porsi, jadi Anda dapat menyesuaikannnya dengan kebutuhan. Berikut beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat spaghetti bayam Aglio e Olio ini.

  • 4 ons spaghetti kering
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 1/2 cangkir daun peterseli, cincang
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 1/2 cangkir daun bayam, cincang
  • Sejumput cabai merah, iris

 

 

4 dari 5 halaman

Cara Pembuatan

Berikut langkah-langkah pembuatan pasta ini. 

  1. Rebus dan siapakan terlebih dahulu spagheti sesuai dengan petunjuk pada kemasan, serta tambahkan sdikit garam pada rebusannya
  2. Saat spagheti sudah matang, siapkan minyak zaitun di dalam sebuah wajan dengan api sedang
  3. Masukkan bawang putih dan serpihan cabai merah, tumis selama 2 menit
  4. Tambahkan spagheti yang sudah direbus ke dalam wajan dan aduk hingga tercampur dengan semua bahan yang ada
  5. Kemudian, tambahkan bayam dan peterseli ke dalam wajan, aduk hinga tercampur rata
  6. Biarkan masak dan aduk selama 2 menit sebelum mematikan api
  7. Spagheti Aglio e Olio bayam sudah siap untuk didangkan

 

Variasi dan subsitusi bahan juga dapat dilakukan seperti jenis pastanya dapat menggunakan fettuccine, linguine, bahkan makaroni atau penne. Bisa juga ditambahkan ayam atau salmon panggang untuk melengkapi hidangan ini, jika Anda memilikinya.

 

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

5 dari 5 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: