Sukses

5 Alasan Jerawat Sering Muncul di Alis

Umumnya, jerawat muncul di area pipi, hidung, atau dahi. Namun, bagaimana jika jerawat muncul di alis?

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, jerawat muncul di area pipi, hidung, atau dahi. Namun, bagaimana jika jerawat muncul di alis? Tak jarang hal tersebut akan menimbulkan nyeri saat sedang mengaplikasikan pensil alis.

Jerawat di alis muncul karena beberapa alasan, seperti produksi minyak berlebih, rambut yang tumbuh ke dalam, bahkan karena produk kosmetik tertentu. Selain itu, jerawat di alis dapat disebabkan oleh folikel rambut dan penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit yang tersumbat oleh sebum atau produksi minyak berlebih.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di alis. Apa sajakah itu? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut 5 alasan mengapa jerawat muncul di alis, Jumat (9/4/2021).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Produk kecantikan

Kebanyakan wanita menggunakan produk kecantikan untuk meningkatkan penampilan. Sayangnya, tak jarang produk kecantikan tersebut justru menjadi penyebab di balik masalah kulit yang terjadi, termasuk jerawat.

Produk alis yang Anda gunakan mungkin mengandung bahan komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Sebaiknya, Anda memilih produk alis dengan bahan nonkomedogenik untuk menghindari munculnya jerawat di area alis.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Rambut tumbuh ke dalam

Seutas rambut yang tersangkut di bawah kulit dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Selain itu, rambut yang tumbuh ke dalam juga bisa terjadi karena mencukur atau mencabut alis secara teratur.

Rambut yang tumbuh ke dalam dapat menarik kotoran, bakteri, dan sel kulit mati di dalam folikel rambut sehingga menimbulkan jerawat di area alis.

Sebaiknya, lakukan ekfoliasi secara teratur untuk menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam dan tak mencukur atau mencabut alis.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Alat makeup yang kotor

Alat atau pensil alis yang kotor dapat menyebabkan munculnya jerawat di alis. Jika Anda sudah lama tak membersihkan kuas riasan, mungkin itu menjadi satu alasan alis sering berjerawat.

Pasalnya, bakteri yang ada pada alat tersebut pindah ke alis dan bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat.

Sebaiknya, bersihkan kuas minimal seminggu sekali agar bakteri tak menempel pada wajah, terutama alis saat menggunakannya.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Bersihkan wajah

Membersihkan wajah setelah menggunakan make up adalah hal yang penting, tak terkecuali bagian alis. Berbagai produk kecantikan yang masih menempel pada alis akan menyebabkan jerawat jika tidak dibersihkan dengan benar.

Sebaiknya, pastikan area alis benar-benar bersih sebelum pergi tidur. Hal ini akan membuat Anda tenang tanpa harus khawatir folikel rambut tersumbat dan menyebabkan jerawat.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Perubahan hormon tubuh

Salah satu penyebab munculnya jerawat di alis karena terjadinya perubahan hormon atau meningkatnya kadar hormon androgen. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi produksi minyak di wajah yang dapat memudahkan jerawat muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.