Sukses

Bulu Cantik dan Berbadan Besar, Ini 5 Perawatan Penting Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu kucing peliharaan favorit dengan bulu yang cantik dan tubuh yang besar.

Liputan6.com, Jakarta Kucing Maine Coon adalah salah satu kucing peliharaan favorit dengan tubuh yang besar. Dikutip dari animalwise.com kucing jantan dewasa bisa memiliki beratnya antara 6 hingga 11 kg. Namun, ada beberapa kasus kucing Maine Coon yang mencapai 20 kg. 

Dari karakternya, kucing Maine Coon tergolong kucing yang cantik dan penyayang, tak heran dia termasuk jenis hewan peliharaan favorit. Jika kamu berpikir untuk memelihara ras kucing yang berasal dari Maine, Amerika Serikat ini maka ketahui beberapa panduan penting perawatan Maine Coon. Berikut ini 5 perawatan kucing Maine Coon. 

Merawat bulu kucing Maine Coon

Bulu kucing Maine Coon terkenal akan keindahannya. Jika ingin mempertahankan kualitas itu, kamu harus bekerja dan membantu Maine Coon untuk menjaga kesehatan bulunya. Merawat bulu kucing Maine Coon bisa dilakukan dengan menyikat atau menyisir secara rutin, tiga kali seminggu dengan sikat khusus untuk kucing berbulu panjang. Jika kamu melakukannya selama lima menit setiap hari, itu lebih baik. 

Menyikat bulu Maine Coon secara teratur akan mencegah dia terhindari dari masalah lambung dan bola rambut yang berbahaya. Karena aktivitas menyisir dapat menghilangkan bulu mati. Untuk menjaga bulunya tetap sehat, kamu bisa berikan malt dan makanan yang kaya omega-3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memandikan kucing Maine Coon

Maine Coon termasuk kucing yang menyukai air, sehingga kamu tidak akan terlalu kesulitan untuk memandikannya. Di Amerika Serikat, tidak jarang kucing Maine Coons mandi di kolam renang bersama pemiliknya, karena mereka adalah perenang yang baik. Meskipun kucing Maine Coon suka basah, para pakar menyarankan untuk tidak memandikan kucing ini dengan sampo lebih dari sekali setiap 2 minggu. 

Memberi makan kucing Maine Coon

Masalah ini cukup rumit, karena Maine Coon termasuk kucing yang makan banyak tetapi cukup malas untuk bergerak. Oleh karena itu, Maine Coon sangat rentan mengalami obesitas, terutama jika pemiliknya tidak membatasi asupan makanannya. 

Untuk itu, kamu perlu memberi makan kucing Maine Coon dengan makanan kering berkualitas tinggi dan seimbang. Periksa label makanan dan hindari merek yang terlalu berlemak. 

Merawat kucing Maine Coon dengan memberinya dry food berkualitas tinggi, 2-4 kali sehari. Tak perlu bingung mencari, Muezza bisa jadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Memiliki 4 variasi lezat yaitu Salmon, Tuna, Ocean Fish, dan Mackerel yang disukai kucing, cat food berkualitas ini juga mengandung Ekstrak Yucca Schidigera.

Dibuat dari beberapa ligan saponin dan kompleks karbohidrat, kandungan ini menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan. Kesehatan kucing jadi lebih terjamin, juga membantu kotoran kucing terbentuk jadi gumpalan dan mengurangi baunya. Selain itu, keunggulan yang dimiliki Muezza adalah telah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Punya berbagai kelebihan untuk membantu merawat kucing kesayangan, segera beli keempat varian rasa Muezza yang bakal jadi favorit kucing di Shopee maupun Tokopedia. 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

3 dari 3 halaman

Hidup dengan kucing Maine Coon

Keunikan kucing Maine Coon adalah dia mandiri dan pada saat bersamaan juga bisa bergantung pada pemiliknya. Kucing Maine Coon suka bermain-main dan menjadi pusat perhatian. Mereka menikmati beberapa keributan di sekitar, tetapi mereka tidak suka disentuh secara berlebihan.

Kucing Maine Coon juga biasanya rukun dengan hewan peliharaan lainnya. Kucing ini dapat tinggal di apartemen karena tidak terlalu aktif. Namun, akan ideal bagi mereka yang memiliki taman kecil untuk sesekali menikmati petualangan berburu.

Jadwal kunjungan ke dokter

Langkah paling penting untuk merawat kucing Maine Coon adalah menjadwalkan kunjungan ke dokter hewan secara teratur. Jika tidak ada masalah dan kamu tidak melihat gejala penyakit apa pun, membawa kucing Maine Coon ke dokter hewan beberapa kali setahun sudah cukup.

Dokter hewan akan menjadi orang pertama yang akan mendiagnosis kesehatan Maine Coon kamu dan memberikan vaksin yang diperlukan. Mereka juga akan menjadi orang yang bertanggung jawab untuk mensterilkan kucing kamu. Namun, pada akhirnya Andalah yang harus selalu lebih perhatian dan memastikan kesejahteraan kucing.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.