Sukses

Waspada, Ini 7 Tanda Covid-19 Telah Menginfeksi Darah Anda

Ada beberapa tanda Covid-19 telah menginfeksi darah Anda. Berikut ini tanda-tandanya:

Liputan6.com, Jakarta Covid-19 adalah infeksi kompleks yang juga dapat menyebabkan kerusakan pada darah yang mengalir melalui pembuluh darah Anda. Pembekuan darah yang dapat mengganggu aliran darah dapat menyebabkan gejala ringan atau bahkan mengancam.

Sederhananya, jika gumpalan darah menghalangi aliran darah yang mengalir melalui arteri atau vena, itu menyebabkan kerusakan jaringan dan kekurangan oksigen, yang dapat membuat sel-sel di jaringan itu mati. Meski sebagian pembekuan darah dianggap normal, yang menakutkan pada kasus Covid adalah pembekuan yang tak normal.

Hal ini dikarenakan virus Corona juga mengaktifkan sitokin dan respons peradangan dalam tubuh, sehingga pasien Covid dapat mengalami peningkatan insiden pembekuan dalam tubuh yang dapat merusak.

Berikut ini beberapa tanda peringatan bahwa Covid-19 telah memasuki darah Anda seperti dilansir dari TimesofIndia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pembekuan darah yang parah

Para dokter melihat tingkat masalah pembekuan darah yang sangat tinggi pada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit, tua atau muda.

Masalah pembekuan darah tidak hanya dapat meluas, tetapi juga membawa risiko paling besar bagi orang-orang yang memiliki masalah yang sudah ada sebelumnya seperti termasuk diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

 

3 dari 8 halaman

2. Gumpalan darah (trombosis)

Efek samping lain yang semakin terlihat dari infeksi COVID-19 di tubuh adalah gumpalan darah pada vena dalam. Untuk beberapa, itu juga bisa bertindak sebagai tanda infeksi yang tidak biasa, namun awal.

Trombosis vena dalam dapat terjadi ketika virus menyerang vena dan lapisan tungkai di kaki, menyebabkan pembekuan darah. Gumpalan tersebut dapat mengganggu aliran darah dan bahkan menyebabkan emboli yang menyakitkan dalam banyak kasus.

 

4 dari 8 halaman

3. Pembengkakan atau peradangan kulit yang tidak biasa

Salah satu kerusakan paling penting yang disebabkan oleh virus ini adalah peradangan yang meluas di seluruh tubuh.

Ketika virus menyerang kulit dan menyebabkan peradangan, itu dapat menyebabkan banyak pembekuan darah, yang kemudian menyebabkan pembengkakan, lesi, dan benjolan yang seringkali juga menyakitkan.

 

5 dari 8 halaman

4. Perubahan warna pada kulit dan ruam

Ruam kulit, perubahan warna, fenomena tidak biasa yang juga disamakan dengan COVID pada jari kaki juga kemungkinan merupakan implikasi dari virus yang menyebabkan kerusakan pada aliran darah dan berdampak pada kulit.

 

6 dari 8 halaman

5. Meningkatnya risiko stroke

Anehnya, COVID-19 juga dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke di antara pasien (asimtomatik, ringan atau berat). Bahkan mereka yang tidak memiliki riwayat kasus masalah jantung dapat mengalami stroke mendadak, yang selanjutnya dapat memperumit prognosis.

Sekali lagi, risiko stroke yang meningkat adalah kemungkinan komplikasi yang disebabkan oleh aliran darah yang tidak normal atau pembekuan.

 

7 dari 8 halaman

6. Kerusakan ginjal

Menurut sebuah penelitian yang dirujuk oleh John Hopkins Medicine, penyumbatan pembuluh darah di ginjal dengan bekuan darah dapat meningkatkan risiko pasien gagal ginjal dan bahkan mempersulit dialisis. Resiko paling besar ada pada mereka yang menderita bentuk penyakit yang parah.

 

8 dari 8 halaman

7. Kerusakan paru-paru dan jantung

Kerusakan yang ditimbulkan oleh COVID-19 pada dua organ vital, jantung dan paru-paru, dan banyak gejala yang dapat ditimbulkannya telah dijelaskan sebelumnya.

Menurut banyak dokter, alasan kuat mengapa pasien yang sehat pun akhirnya menderita masalah seperti ini adalah pembekuan darah yang akut. Tekanan yang meningkat, pembekuan dapat menyebabkan gangguan dan gejala parah berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan setelah melawan virus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet Respiratory Medicine mengamati bahwa penggumpalan darah dapat menyumbat paru-paru dan menyebabkan masalah, termasuk sesak napas.

Dengan cara yang sama, jurnal Amerika lainnya juga melaporkan bahwa banyak pembekuan darah dapat melemahkan dinding jantung, menyebabkan aritmia, dan bahkan dalam beberapa kasus, masalah serius seperti serangan jantung. Seperti halnya kondisi lain, orang yang memiliki penyakit penyerta dan penyakit memiliki risiko tinggi mengalami masalah seperti ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.