Sukses

4 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja, Atasi Stres hingga Tingkatkan Mood

Tak banyak yang tahu, berikut deretan manfaat mendengarkan musik saat bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Musik bisa menjadi sempurna untuk menemani momen mengemudi dengan santai atau nongkrong bersama teman. Tapi, tahukah Anda musik memiliki banyak manfaat saat didengarkan di tempat kerja?

Baik itu lagu rock favorit Anda atau lagu klasik yang paling menenangkan, yuk ketahui bagaimana musik dapat menjadi tiket Anda menuju kesuksesan perusahaan. Dikutip dari UMG Agency, Jumat (29/1/2021), berikut deretan manfaat mendengarkan musik saat bekerja.

1. Meningkatkan Produktivitas

Menurut sebuah studi pada November 2016, kebanyakan orang dapat meningkatkan produktivitas mereka ketika bekerja dengan mendengarkan musik. Tentu ini adalah kabar baik bagi pecinta musik di mana pun.

Jika Anda merasa sulit untuk menjadi produktif di kantor atau tempat bisnis Anda, cobalah untuk memasang musik dan Anda mungkin menemukan bahwa pekerjaan Anda akan selesai tanpa terasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Stres

Kita semua tahu bahwa hidup ini penuh hal yang membuat kita stres, tetapi stres bisa meningkat di lingkungan kerja. Ketika kecemasan tampaknya semakin meningkat, menikmati lagu dari penyanyi atau band favorit Anda benar-benar dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Menurut Psychcentral, “Mendengarkan musik dapat memberikan efek relaksasi yang luar biasa pada pikiran dan tubuh kita, terutama musik klasik yang pelan dan tenang. Jenis musik ini dapat memberi efek menguntungkan pada fungsi fisiologis kita, memperlambat denyut nadi dan detak jantung, menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar hormon stres.”

3 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Fokus

Musik bisa menjadi cara sempurna untuk meredam kebisingan dan membantu Anda fokus. Bahkan dikatakan bahwa musik klasik dapat menjadi genre terbaik untuk didengarkan ketika mencoba berkonsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan.

4 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Mood

Sebagian besar dari Anda tentu pernah merasakan mood yang tak baik ketika berada di kantor. Nah, saat mendengarkan musik yang disukai, zat kimia yang disebut dopamin dilepaskan di otak, membuat Anda merasa bahagia. Hal ini tentu akan membantu kita menyelesaikan pekerjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.