Sukses

Viral Potret Bocah Tuntun Orangtuanya yang Tunanetra, Bikin Warganet Haru

Liputan6.com, Jakarta Saat ini tak sedikit anak yang menghabiskan waktunya dengan bermain, entah bersama teman-temannya atau sibuk dengan gadget-nya. Namun, berbeda dengan bocah laki-laki yang satu ini. Bagaimana tidak, ia harus menjadi "mata" bagi orangtuanya yang tunanetra.

Seorang bocah menuntun orangtuanya yang tunanetra untuk menunjukkan jalan setiap hari. Uniknya, ia mengikatkan tali di tangannya dengan sang ayah dan ibunya.

Potret tersebut pertama kali dibagikan oleh seorang warganet bernama John Cuenca Alterad pada Februari 2020. Saat itu, ia sedang melintasi sebuah jalan di Kota Polanco, Provinsi Zamboanga del Norte, Filipina.

Namun, pemandangan tersebut kembali viral setelah akun Facebook bernama Ero Lawen membagikannya pada Jumat (18/12/2020).

2 dari 5 halaman

Ia mengikatkan tali ke pinggang sang ayah

Dalam fotonya, bocah laki-laki yang mengenakan kaos kuning dan celana merah jambu itu tampak berjalan di depan, sementara ayah dan ibunya mengikuti dari belakang.

Selain itu, terlihat pula seutas tali terikat di tangan sang bocah dan terhubung ke pinggang ayahnya. Saat lelah berjalan, tak jarang mereka juga memutuskan untuk duduk dan beristirahat di trotoar.

3 dari 5 halaman

Ia tampak tulus menuntun orangtuanya

Meskipun tugasnya tak mudah, dengan polosnya ia tetap tersenyum dan tulus untuk membantu orangtuanya.

"Seorang anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan ke dunia dengan situasi seperti itu. Betapa besar pengorbanan yang dilakukan anak ini, diikat dengan tali untuk menjadi 'mata' bagi kedua orangtuanya yang memiliki gangguan penglihatan," tulis Ero dalam keterangan fotonya.

Ero juga mendoakan agar sang bocah bisa bermanfaat bagi masyarakat dan selalu taat pada Tuhan.

"Dia tetap tersenyum meski kedua tangannya terikat pada kedua orangtuanya. Semoga Anda menjadi kontributor bagi masyarakat dan Tuhan, tolong rawat dia," imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Respons Warganet

Hingga kini, unggahannya tersebut telah dibagikan 2 ribu kali, disukai lebih dari 2,1 ribu, dan mendapat berbagai respon dari warganet. 

"Aamiin, Tuhan tidak buta," tulis Nagi Agp Anton Nagi.

"Semoga Allah mempermudah segala urusan adik ini supaya menjadi contoh buat generasi lain," tulis Wan Raup.

"Keluar air mata saat melihat keadaan ini. Semoga anak kecil itu senantiasa dilindungi Tuhan," tulis Syahirah Lukas Abdullah.

"Subhanallah, semoga rahmat Allah selalu menyertai mereka. Aamiin," tulis Mus Nele.

"Ya Tuhan lindungilah keluarga ini," tulis Elisabet Kelen Elis.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: