Sukses

Dokter Ungkap Cara Simpel Cegah Kacamata Berembun Saat Pakai Masker

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan masker saat keluar rumah menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus Corona Covid-19. Namun, menggunakan masker menjadi hal yang merepotkan bagi individu yang memakai kacamata.

Bagaimana tidak, individu berkacamata malah merasa tak nyaman ketika menggunakan masker karena mengganggu penglihatan mereka. Panas tubuh dan aliran udara menyebabkan lensa berkabut saat menggunakan masker.

Saat Anda menggunakan masker, Anda berulang kali menghirup udara hangat. Udara ini kemudian bisa menyelinap keluar dari bagian atas masker Anda dan menguapkan lensa kacamata Anda. Tentu saja ini akan mengganggu penglihatan Anda.

Untuk itu, seorang dokter berbagi cara sederhana untuk mengatasi agar kacamata Anda tidak berkabut saat menggunakan masker.

2 dari 5 halaman

Caranya

Dokter Daniel M Heiferman membagikan solusi masker plester untuk masalah tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan setengah plester di hidung dan setengahnya di masker. 

“Jika Anda mengalami kesulitan dengan kacamata yang berkabut atau menutupi hidung, plester sederhana ini akan membantu. Pelajari di OR. Jangan ragu untuk berbagi, ini dapat menyelamatkan nyawa!” kata Heiferman. 

Dalam unggahan di akun Twitter-nya @DanHeifermanMD, dia juga menunjukkan potret ketika dia mengaplikasikan plester pada masker yang dipakainya.

“Letakkan bagian kapas dari plester di pangkal hidung Anda dengan setengahnya di masker dan setengah di wajah Anda. Dengan kapas di pangkal hidung, saya menemukan hidung saya tidak mengalami iritasi meski telah beberapa hari menggunakannya,” lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Viral

Unggahan dokter itu pun sontak menarik perhatian publik, khususnya para pengguna Twitter. Hingga kini unggahan tersebut bahkan mendapat lebih dari 175 ribu suka dan lebih dari 66 ribu retweet.

Saking banyaknya respons pada unggahannya, Heiferman pun sangat senang karena warganet membantu untuk menyebarkan trik yang dibuatnya.

"Saya sangat senang melihat berapa banyak orang yang dapat membantu trik ini! Terima kasih semua atas dukungan Anda dalam menyebarkannya. Memanfaatkan kekuatan media sosial untuk kebaikan dapat menghasilkan kebaikan hal-hal! #WearAMask," tutup Heiferman.

4 dari 5 halaman

Cara Lainnya

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kacamata berkabut saat menggunakan masker yakni membeli lensa dengan lapisan anti kabut. Anda bisa membeli lensa dengan lapisan anti-kabut.

Lapisan anti-kabut membantu mengatasi lensa berkabut, terlepas dari apakah penglihatan yang terhalang dipicu oleh masker wajah atau hal lainnya.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: