Sukses

Kenalkan Nilanshi, Rapunzel di Dunia Nyata yang Punya Rambut hingga 2 Meter

Nilanshi Patel, gadis dari Gujarat, India ini telah memecahkan rekor rambut terpanjang yang pernah ada pada seorang remaja.

Liputan6.com, India - Sejak kecil pasti Anda sering mendengar kisah dongeng seperti Rapunzel dari guru atau orangtua Anda. Tentu kisah dongeng yang beredar di masyarakat membuat banyak individu terobsesi dengan para tokoh pada dongeng yang Anda favoritkan.

Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa ada sosok Rapunzel di kehidupan nyata? Nilanshi Patel, gadis dari Gujarat, India ini telah memecahkan rekor rambut terpanjang yang pernah ada pada seorang remaja.

Nilanshi berhasil mendapatkan rekor tersebut di acara televisi Italia La Notte dei Record (The Night of Records) pada tahun 2018, rambutnya berukuran 170,5 cm. 

Dia mengatakan telah menumbuhkan rambutnya sejak berumur enam tahun, itu mengikuti pengalaman buruknya saat memotong rambut di sebuah salon.

“Saya memotong rambut saya dan hasilnya sangat buruk. Sejak saat itu saya memutuskan untuk tidak akan memotong rambut saya. Ketika itu saya berumur 6 tahun dan sejak saat itu tidak memotongnya,” kata Nilanshi, seperti melansir dari India Times, Sabtu (7/11/2020). 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Tahu Akan Terus Menumbuhkan Rambut atau Tidak

Namun, dia belum memutuskan apakah akan terus menumbuhkan rambutnya untuk mendapat rekor baru dalam kategori dewasa.

Menurut Guinness World Records, pengukuran harus dilakukan saat rambut basah, karena rambut secara alami lebih panjang saat basah sehingga memberikan pengukuran yang jelas.

Rambut kemudian ditempatkan pada permukaan datar di samping penggaris untuk menunjukkan panjangnya dengan jelas.

 

3 dari 4 halaman

Didukung Orantuanya

Karena rambut super panjangnya, Nilanshi disebut sebagai Rapunzel oleh teman-temannya. Dia pun mendapat rekor tersebut di hari terakhirnya sebelum ulang tahunnya ke-18.

Ibu Nilanshi selalu mendukung keputusannya untuk menumbuhkan rambut dan membantu mengeringkan serta menyisirnya setiap minggu setelah keramas. 

 

4 dari 4 halaman

Rekor Serupa

Rekor dunia lain untuk rambut terpanjang yang terdokumentasi yakni milik Xie Qiuping dari Tiongkok dengan panjang 5,627 meter pada 8 Mei 2004.

Dia telah menumbuhkan rambutnya sejak 1973 sejak umur 13 tahun. “Tidak ada masalah sama sekali. Saya sudah terbiasa,” kata Qiuping.

“Tapi kamu butuh kesabaran dan harus menahan diri saat kamu memiliki rambut seperti ini,” lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.