Sukses

5 Khasiat Menakjubkan Minyak Kelapa untuk Kecantikan, Bantu Cegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta - Minyak kelapa telah dikenal untuk membantu mengatasi masalah kulit dan rambut. Minyak serba guna ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukan kamu jika minyak kelapa bisa meningkatkan kecantikanmu?

Minyak kelapa mengandung beberapa khasiat luar biasa yang bisa membuatmu cantik memesona. Penasaran apa saja manfaat menggunakan minyak kelapa bagi kecantikan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (16/9/2020).

1. Melawan Penuaan Dini

Penuaan kulit tentu tidak bisa dihindari, tapi tanda-tanda awal penuaan kulit alias garis-garis halus dan kerutan yang muncul bisa membuat seseorang panik.

Minyak kelapa yang mengandung antioksidan dan sifat anti- inflamasi bisa memberikan perlindungan dari kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, juga bisa menunda proses penuaan kulit sehingga kamu terbebas dari garis-garis halus dan kerutan.

Hal yang perlu kamu lakukan, campurkan 1 sdm minyak kelapa dan setengah sdm madu. Lalu oleskan campuran tersebut di wajah selama satu jam. Kemudian bilas wajah hingga bersih.

2 dari 6 halaman

2. Rambut Tebal

Minyak kelapa menjadi cara ampuh untuk memperkuat rambutmu dan melawan masalah rambut seperti rambut rontok, ketombe dan rambut patah.

Minyak kelapa juga membantu mencegah kehilangan protein dari rambutmu. Selain itu juga bisa memberikan kekuatan dan menambah kilau pada rambutmu, sehingga kamu memiliki rambut yang tebal dan halus.

3 dari 6 halaman

3. Kulit Halus

Kunci untuk memiliki kulit mulus adalah kelembapan, dan minyak kelapa memiliki asam lemak seperti linoleat, oleat dan asam laurat yang bisa melembabkan, menutrisi kulit sehingga membuat kulitmu lembut, halus dan bercahaya.

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, minyak kelapa sangat ampuh untuk menyegarkan dan meremajakan kulitmu. Baik untuk lutut kering, siku atau kulit kasar.

4 dari 6 halaman

4. Penyegar Napas

Bau mulut tentu akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Bakteri dan kuman di mulutmu tentu menjadi penyebabnya.

Sifat antibakteri dan antijamur yang terkandung dalam minyak kelapa bisa mencegah bakteri sehingga membuat napasmu segar dan gigi lebih putih.

Kamu hanya perlu mengambil sesendok minyak kelapa dan jadikan sebagai obat kumur. Lakukan selama sekitar 20 menit sebelum membuangnya.

5 dari 6 halaman

5. Bekas Luka

Minyak kelapa bisa melembabkan dan miliki sifat penyembuhan luka. Jika kulitmu rentan terhadap bekas luka, coba gunakan minyak kelapa secara teratur.

Yang perlu kamu lakukan, gunakan minyak kelapa sebagai obat oles di atas luka yang sudah sembuh. Saat lukamu sembuh, pijatkan sedikit minyak kelapa di atasnya untuk mempercepat proses dan mencegah bekas luka.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: