Sukses

Studi Terbaru: Orang yang Meninggal Akibat Covid-19 Punya Dua Kesamaan Ini

Temuan terbaru, orang-orang yang meninggal karena Covid-19 ternyata memiliki dua kesamaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa kondisi pada tubuh pasien dapat membuat kasus virus Corona lebih parah. Para peneliti masih mempelajari lebih lanjut tentang apa yang membuat virus mematikan bagi sebagian orang dan tidak mematikan bagi orang lain.

Sebuah studi baru, dari Imperial College London, telah membuat penemuan lain yang menunjukkan apa sebenarnya yang membunuh banyak pasien. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang yang meninggal karena COVID-19 memiliki dua kesamaan ini: kerusakan paru-paru dan pembekuan darah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Studi yang dilakukan

Studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Microbe, merinci 10 pemeriksaan post-mortem pada orang-orang yang dites positif COVID. Kesepuluh pasien ini menunjukkan tanda-tanda cedera paru-paru dan jaringan parut pada paru-paru, dan kesembilan pasien yang diperiksa untuk pembekuan darah memiliki setidaknya satu organ utamanya rusak.

Delapan pasien mengalami pembekuan darah di paru-paru mereka, sementara lima pasien mengalami pembekuan di jantung mereka, dan empat pasien menunjukkan tanda-tanda gumpalan di ginjal mereka. Penyakit menonjol lainnya pada pasien yang diteliti adalah penipisan sel kekebalan.

Rekan penulis studi tersebut Michael Osborn, MD, Dosen Senior Klinis Kehormatan di Imperial College London, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa studi tersebut mendukung "teori yang ada dari para peneliti dan dokter di bangsal bahwa cedera paru-paru, trombosis, dan penipisan sel kekebalan adalah yang paling banyak. Fitur menonjol pada kasus COVID-19 yang parah."

 

3 dari 5 halaman

Covid menyebabkan kerusakan ekstrem pada tubuh pasien

Tidak mengherankan jika COVID mendatangkan malapetaka pada paru-paru karena merupakan penyakit pernapasan. Tetapi semakin jelas tingkat kerusakan ekstrim yang dapat ditimbulkan virus pada organ vital ini, bahkan jika tidak menyebabkan kematian.

"Para peneliti telah menemukan bahwa jaringan parut jangka panjang pada paru-paru, yang dikenal sebagai fibrosis, dapat menjadi masalah, yang dapat menyebabkan berbagai tingkat gangguan pernapasan jangka panjang," kata Ari Bernstein, MD, penasihat Fruit Street Health and CovidMD, seperti dilaporkan oleh Bestlifeonline.

 

4 dari 5 halaman

Sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri

Demikian pula, bahkan mereka yang selamat dari COVID-19 memiliki risiko tinggi mengalami pembekuan darah, yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. James Giordano, PhD, profesor Neurologi dan Biokimia di Pusat Medis Universitas Georgetown, mengatakan bahwa kasus COVID-19 yang parah memicu badai sitokin, yaitu ketika sistem kekebalan mulai menyerang sel-sel tubuh sendiri daripada virus.

"Sitokin tingkat tinggi ini dapat meningkatkan pembekuan darah," kata Giordano.

 

5 dari 5 halaman

Perlu penelitian lebih lanjut

Para peneliti Imperial College di balik studi baru ini juga mengidentifikasi beberapa temuan yang lebih mengejutkan. Pada beberapa pasien, para peneliti menemukan pankreatitis (radang pankreas), cedera ginjal, perikarditis (radang perikardium), dan infeksi jamur sekunder.

Meski demikian, penemuan ini masih memerlukan "penyelidikan tambahan" agar para ahli dapat memahami sepenuhnya bagaimana masalah ini dikaitkan dengan COVID.

Namun, dengan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian ini, penulis berharap para dokter lebih siap untuk menangani pasien COVID.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.