Sukses

UMN Motivasi Mahasiswa Baru untuk Menjadi Pemenang Pasca Pandemi Covid-19

Universitas Multimedia Nusantara telah menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka ‘Kuliah Perdana UMN 2020’ bagi dua ribu lebih mahasiswa baru.

Liputan6.com, Tangerang Universitas Multimedia Nusantara (UMN) telah menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka ‘Kuliah Perdana UMN 2020’ bagi dua ribu lebih mahasiswa baru pada Jumat (22/08/2020). Acara ini merupakan puncak dari masa Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) yang berlangsung pada 17-19 Agustus 2020.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Sidang Senat Terbuka UMN diselenggarakan secara daring untuk mengutamakan kesehatan dan keamanan para mahasiswa baru UMN 2020 dalam masa pandemi COVID-19.

“Meski diselenggarakan secara daring, tetapi tidak mengurangi makna yang ingin disampaikan kepada mahasiswa baru. Diharapkan mahasiswa dapat termotivasi bahwa pandemi ini tidak menjadi penghalang bagi terlaksananya seluruh program kerja UMN khususnya penyambutan mahasiswa baru,” ujar Ketua Panitia Kuliah Perdana UMN 2020, Reni.

Mengusung tema ‘Membangun Jiwa Pemenang Pasca Pandemi’, Sidang Senat Terbuka UMN ingin memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMN 2020.

“Tema ini diangkat untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa baru UMN, bahwa pandemi ini bukan akhir dari segalanya. Mahasiswa masih bisa berkarya dan berkreasi untuk berkarya bagi Almamater, Persada dan Sesama,” tutur Reni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memberikan motivasi

Senada dengan yang diungkapkan oleh Reni, Rektor UMN Ninok Leksono memaparkan melalui Sidang Senat Terbuka, UMN ingin memberikan motivasi mahasiswa baru untuk tetap berjiwa pemenang.

“Kami pimpinan UMN mengakui mahasiswa baru sedikit atau banyak ikut terkena dampak pandemi. Melalui Kuliah Perdana, UMN ingin memotivasi mahasiswa baru agar tidak kecil hati, apalagi patah semangat. Tema kuliah perdana justru mendo­­­rong maba untuk tetap optimis, siap menghadapi keadaan sulit, dan tetap berjiwa pemenang,” ujar Ninok pada Sidang Senat Terbuka UMN.

3 dari 4 halaman

Pesan rektor kepada mahasiswa baru

Pada kesempatan yang sama, Pembicara Kepala LLDIKTI III Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. mengungkapkan bahwa untuk memiliki jiwa pemenang, mahasiswa baru UMN harus menjadi agen perubahan yang tidak memiliki rasa cepat puas.

“Seseorang yang memiliki jiwa pemenang akan menganggap bahwa kesuksesan adalah sebuah stimulus untuk kesuksesan berikutnya. Kalian harus menjadi agen perubahan yang tidak memiliki rasa cepat puas dan jangan berhenti untuk terus berkarya,” ungkap Agus.

Agus juga berpesan kepada Mahasiswa Baru UMN 2020 untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Melalui UMN selama kurang lebih empat tahun, adek-adek melalui UMN akan dibentuk menjadi SDM Unggul sehingga bisa membantu mewujudkan Indonesia Maju,“ pesan Agus.

4 dari 4 halaman

Perkuliahan semester baru berlangsung secara daring

Dalam situasi pandemi ini, Perkuliahan Semester Ganjil UMN 2020/2021 yang akan berlangsung di tanggal 24 Agustus akan dilaksanakan secara daring hingga Ujian Tengah Semester 2020/2021. Pelaksanaan kuliah daring akan diperpanjang hingga akhir Semester Ganjil 2020/2021. UMN sendiri telah menerapkan perkuliahan dan ujian secara daring sejak Maret 2020.

Perkuliahan secara daring sendiri bukanlah hal baru di UMN. UMN telah memiliki e-learning yang sering digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Terkait hal ini, Ninok berharap seluruh mahasiswa UMN dapat mengerti pelaksanaan kuliah daring dalam situasi pandemi. Hal ini dikarenakan UMN mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh mahasiswanya.

“Prinsip utama yang dianut UMN adalah kesehatan dan keselamatan. Semoga pandemi segera berlalu dan mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan tatap muka, dan bisa bersosialisasi dengan teman dan dosennya dan yang penting sasaran pembelajaran bisa dicapai,” harap Ninok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.