Sukses

Selamat Hari Pramuka ke-59, Warganet: Tahun Ini di Rumah Saja

Liputan6.com, Jakarta - Tepuk Pramuka, "prok prok prok prok" tampaknya sudah menjadi tagline yang tak bisa lepas dari anggota Praja Muda Karana atau biasa disebut Pramuka. Tepat hari ini, Jumat (14/8/2020), Pramuka merayakan hari jadinya yang ke-59.

Perayaan ini memang selalu diperingati setiap tahun oleh para anggota Pramuka, bahkan mereka selalu memakai tema berbeda tiap tahunnya. Tahun ini, Pramuka mengambil tema 'Gerakan Pramuka ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 dan bela negara'.

Dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020, secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Presiden Joko Widodo mengatakan jiwa dan karakter pramuka yang tangguh dan disiplin dibutuhkan saat menghadapi pandemi Corona Covid-19.

"Di era pandemi Covid-19 yang berat seperti ini, jiwa dan karakter seperti (pramuka) itulah yang kita butuhkan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8/2020), seperti mengutip Antara News, Jumat (14/8/2020).

Tentu beragam cara dilakukan untuk memeriahkan perayaan tiap tahun tersebut. Namun, publik, khususnya para pengguna jejaring sosial dan para tokoh di Tanah Air juga turut meramaikan Hari Pramuka dengan berbagai twit di media sosial.

2 dari 5 halaman

Ucapan dari Warganet

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, lini masa Twitter hingga kini diramaikan dengan berbagai ucapan selamat dan harapan warganet bagi Pramuka Indonesia.

Perayaan Hari Pramuka tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19. Banyak anggota Pramuka tidak bisa berkumpul untuk memperingatinya. 

Berikut beberapa twit ucapan Hari Pramuka seperti dirangkum dari Twitter.

"Selamat Hari Pramuka 59th. Semoga jiwa muda yang suka berkarya terus membara di dada anak-anak dalam membangun bangsa," tulis akun @Laaaaa__.

"#salampramuka#selamatharipramukaTerus bertumbuh dan berkembang wahai tunas tunas. Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan," kata akun @AgungtriPr.

"A Scout smiles and whistles under all circumstances. -RBP. Selamat Hari Pramuka ke 59," sahut akun @dinsyaifudin_.

"Selamat hari pramuka ⚜ dri aku yg blm taat dasa dharma," tulis akun @ullittt.

"Selamat hari pramuka, pertahun ini di rumah aja," ucapan akun @shsablla. 

3 dari 5 halaman

Presiden Jokowi Ajak Pramuka Buat Gerakan pada Masa Pandemi

Selain itu, Jokowi juga mengajak anggota Pramuka membuat dua gerakan nasional, yakni gerakan kedisiplinan dan kepedulian pada masa pandemi.

"Saya minta kepada saudara-saudara untuk membuat dua gerakan nasional, pertama gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehata," lanjutnya.

Menurut Jokowi, dua gerakan tersebut bukan hanya untuk membantu masalah nasional akibat pandemi Corona, tapi juga mengasah kepedulian anggota Pramuka.

"Kedua gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi," tambah Jokowi.

4 dari 5 halaman

Upacara Peringatan Pramuka Dipercepat

Gerakan Pramuka Indonesia lahir pada 14 Agustus 1941, tapi karena 14 Agustus 2020 Presiden Jokowi akan memberikan pidato kenegaraan di DPR, maka Ketua Kwartir Nasional Pramuka Budi Waseso pun menggeser peringatan Hari Pramuka tersebut.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: