Sukses

Begini Cara Mencuci Masker dengan Benar yang Wajib Kalian Tahu

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat di banyak negara di dunia diwajibkan untuk mengenakan masker guna mencegah penularan Virus Corona COVID-19 di lingkungan publik.

Masker kain pun direkomendasikan sebagai langkah pencegahan praktis meskipun tidak seefektif masker tingkat medis.

Masker kain juga dinilai lebih ramah lingkungan lantaran bisa dipakai berulang kali. Oleh karena itu kalian dianjurkan untuk mencucinya usai dipakai.

Menurut National Geographic, cara terbaik untuk membersihkan masker kain adalah dengan mengambil pendekatan yang sama seperti cucian Anda, yaitu dengan menggunakan mesin cuci.

2 dari 5 halaman

Gunakan deterjen

Deterjen pakaian akan efektif melawan Virus Corona baru lantaran patogen terbungkus dalam lapisan lemak dan protein berminyak.

Deterjen dan sabun tangan mengandung surfaktan, yang mengurangi ketegangan permukaan lapisan lemak. Molekul surfaktan tertarik pada minyak dan lemak di satu sisi, dan air di ujung lainnya. Ujung yang mengganggu minyak membuat kandungan Virus Corona baru terlepas.

Aktivitas ini lah yang akan membunuh virus, dan bukan suhu air meskipun menggunakan suhu pengering yang lebih tinggi dapat menghancurkan sebagian besar mikroorganisme yang mungkin melekat.

3 dari 5 halaman

Agar masker tetap bersih

Ingatlah bahwa ada cara yang disarankan untuk melepas masker Anda. Pastikan tangan Anda bersih, lalu tarik menggunakan tali di belakang telinga Anda. Ini menghindari kontaminasi pada masker — dan wajah Anda — dengan patogen apa pun yang mungkin ada di tangan Anda.

Masker kelas medis lebih rumit, karena itu dimaksudkan untuk digunakan hanya sekali dan tidak tahan dengan siklus pencucian. Jika Anda memiliki masker N95 atau masker bedah, Anda dapat mengesampingkannya selama beberapa hari, di mana virus ini kemungkinan akan menjadi tidak aktif. 

4 dari 5 halaman

Hati-hati ketika melepas masker

Namun perlu diingat bahwa petugas kesehatan masih belum sepenuhnya yakin berapa lama Virus Corona baru dapat bertahan di permukaan, dan ada kemungkinan masker mengumpulkan partikel dari waktu ke waktu.

Para ahli mengatakan jangan terlalu khawatir tentang melepaskan pakian begitu Anda tiba di rumah. Virus Corona menyukai kelembaban.

Anda harus berhati-hati dengan bahan yang menutupi wajah Anda, tetapi pakaian Anda yang lain dapat menunggu sampai jadwal cucian yang dijadwalkan secara rutin.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: