Sukses

Deretan Manfaat Menakjubkan Pisang untuk Rambut dan Kulit

Liputan6.com, Jakarta - Pisang menjadi salah satu buah yang difavoritkan banyak individu. Buah berkulit kuning ini mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan manusia. Ini membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin A yang terkandung dalam pisang paling baik untuk kulit. Ini membantu dalam mempertahankan elastisitas kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan ketahanan kulit terhadap sinar UV, mencegah dan mengurangi munculnya keriput.

Pisang juga mengandung pelembab yang membantu menjaga kulit kepala tetap lembab sehingga membuat surai lembut dan sehat.

Untuk itu, pisang bisa dijadikan sebagai masker wajah dan rambut yang efektif membantu mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut.

Penasaran apa saja bahan dan cara membuat masker pisang? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (27/7/2020).

2 dari 6 halaman

1. Mencerahkan Kulit

Masker wajah ini membantu menghilangkan bintik-bintik gelap, menghilangkan noda dan mencerahkan kulit kusam.

Yang kamu butuhkan pisang dan 1 sendok teh madu. Pertama-tama kupas pisang dan potong kecil-kecil dan blender hingga menjadi pasta. Tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam pasta tersebut dan aduk hingga rata.

Kemudian oleskan campuran kental ini pada wajahmu dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Masker ini bisa digunakan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3 dari 6 halaman

2. Mengobati Jerawat

Munculnya jerawat di kulit wajah tentu sangat mengganggu. Nah, jika kamu memiliki bekas jerawat dan bintik hitam, kamu bisa mengamplikasikan campuran ini.

Kamu perlu menyiapkan 1 pisang, 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon. Lalu ambil pisang dan potong kecil- kecil. Selanjutnya, tumbuk pisang untuk membuat pasta dan tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok jus lemon ke dalamnya. Aduk hingga rata.

Kemudian oleskan campuran ini ke seluruh wajahmu atau daerah yang terkena dan biarkan selama 20 menit. Lalu cuci dengan air biasa.

Untuk hasil yang lebih baik, gunakan campuran ini dua kali seminggu.

4 dari 6 halaman

3. Mengatasi Kulit Kering

Pisang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Jika digunakan secara teratur, ini akan membuat kulitmu lembut, lembab dan tampak sehat.

Bahan yang perlu kamu siapkan 1/2 pisang, 1 sendok oatmeal, 1 sendok madu dan 1 sendok kuning telur. Cara membuatnya, pertama-tama hancurkan pisang. Lalu blender oatmeal untuk membuat bubuk, masukkan pada pisang dan aduk rata sambil ditambahkan 1 sendok madu dan 1 kuning telur.

Kemudian oleskan campuran ini pada wajahmu dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

5 dari 6 halaman

4. Melembabkan dan Menguatkan Rambut

Pisang yang mengandung vitamin A, C, E dan mineral lainnya bisa membantu dalam melembabkan dan menguatkan rambutmu, juga membantu mengurangi ujung rambut yang pecah.

Yang perlu kamu siapkan, 1 pisang matang, 2 sendok makan yogurt dan 2 sendok air mawar. Lalu hancurkan pisang yang sudah matang untuk menjadikan pasta kental. Tambahkan yogurt dan air mawar, aduk hingga tercampur rata.

Oleskan masker ini pada rambutmu dan biarkan selama 1 jam dan kemudian cuci dengan air biasa. Pastikan kamu menutupi rambutmu dengan shower cap setelah mengoleskan masker. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk hasil yang lebih baik.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: