Sukses

Jangan Makan Hati, Ini 8 Tanda Hubungan Asmara Tak Lagi Layak Dipertahankan

Liputan6.com, Jakarta Hubungan asmara yang buruk tak hanya akan membuat hidup terasa lebih sulit, tapi juga bisa menimbulkan depresi. Terlebih, bila diikuti dengan pertengkaran berkelanjutan.

Menjadi satu-satunya pihak yang berusaha tetap memperkuat hubungan akan terasa melelahkan, terlebih bila Anda tak tahu ke mana arah Anda berdua. Jika rasanya seolah-olah hubungan Anda begitu-begitu saja, yang terbaik adalah memikirkan dengan tenang apakah hal tersebut layak diselamatkan atau tidak.

Melansir dari Brightside, berikut ini 8 tanda sebuah hubungan tak lagi layak dipertahankan.

 

2 dari 6 halaman

1. Pasanganmu menghindari menghabiskan waktu denganmu

Jika pasangan selalu tak punya waktu untukmu tapi bisa meluangkan waktu untuk bersama dengan temannya, ini pertanda dia tak lagi memiliki ketertarikan padamu. Saat Anda ingin bersama seseorang, Anda akan berusaha menyediakan waktu untuknya, bagaimanapun caranya.

2. Anda merasa berbeda dari sebelumnya

Saat benar-benar mencintai seseorang, Anda akan menerima dirinya apa adanya. Mengubah seseorang baik penampilan atau kebiasaan bukanlah pertanda baik.

Saat Anda bersama dengan orang yang dicintai, Anda tak seharusnya merasa bersalah melakukan sesuatu yang tak disukai oleh pasangan tanpa alasan atau berhenti melakukan hobi. Jika Anda tak lagi merasa bebas dan sebahagia dulu, sebaiknya tinggalkan hubungan tersebut.

 

3 dari 6 halaman

3. Tak lagi bebas berbagi cerita

Komunnikasi adalah kunci dari hubungan jangka panjang. Bila Anda sulit untuk terbuka terhadap pasangan, atau berbagi rahasia dengannya, atau bahkan lebih memilih untuk bercerita dengan orang lain ketimbang pada pasangan, maka ada yang salah dalam hubungan tersebut.

4. Pembicaraan yang selalu berakhir dengan pertengkaran

Saat dua orang saling berbicara namun berujung dengan pertengkaaran, itu bukanlah tanda yang baik. Tak ada salahnya menunjukkan emosi, namun bila Anda selalu bertengkar dengannya maka ada sesuatu yang salah.

 

4 dari 6 halaman

5. Hati tak lagi dipenuhi dengan pasangan

Dengan berlalunya waktu, Anda mungkin tidak seromantis sewaktu di awal menjalin hubungan dengannya. Namun, tidak berarti cinta benar-benar telah hilang.

Beda cerita bila pasangan tak lagi membuatmu bahagia dan tersenyum. Lebih baik tinggalkan saja hubungan tersebut.

6. Pasangan hanya mau menerima, tak lagi mau memberi

Hubungan yang sehat adalah hubungan timbal-balik. Jika Anda terus-terusan melakukan sesuatu untuk memperbaiki atau memperkuat ikatan kalian tapi pasangan tidak melakukannya, ada baiknya mencari orang yang benar-benar menghargai Anda.

 

5 dari 6 halaman

7. Hubungan kalian terasa hampa dan membosankan

Memang, tidak selamanya hubungan asmara membara seperti di dalam film. Tapi, tidak berarti pula membosankan terus-menerus. Banyak hal-hal kecil yang bisa dilakukan bersama dan mendatangkan kebahagiaan kepada kalian berdua. Yang harus dilakukan adalah usaha untuk membuat hubungan tetap menyenangkan.

8. Anda tak tumbuh dalam hubungan itu

Pertumbuhan dan perkembangan adalah hal yang penting dalam hubungan apapun, baik hal tersebut pribadi ataupun berpasangan. Pasangan yang berada dalam hubungan yang sehat akan tumbuh bersama. Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya, pertimbangkan kembali hubungan Anda.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: