Sukses

Meski Asam, Mangga Muda Miliki 6 Manfaat Menakjubkan untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Mangga diklaim menjadi salah satu buah yang paling lezat dan kaya nutrisi. Buah musiman ini juga memiliki berbagai varietas, masing-masing memiliki rasa, aroma dan manfaatnya sendiri.

Mangga matang tentu disukai hampir setiap individu. Namun, apakah kamu tahu bahwa mangga muda juga memliki manfaat kesehatan yang besar?

Mangga muda menghasilkan vitamin C dan juga zat besi dan lebih dari 80 persen kebutuhan magnesium dan kalsium setiap hari.

Mangga muda lebih baik dimakan mentah karena banyak nutrisi seperti vitamin C. Sementara itum nutrisi pada mangga akan hilang jika diolah atau dimasak.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumi mangga muda bagi kesehatanmu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (13/7/2020).

1. Meningkatkan Kekebalan

Vitamin C dan A dalam mangga, bersama dengan nutrisi penting lainnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi mangga tanpa dimasak, kamu bisa mendapatkan manfaat nutrisinya secara maksimal.

 

 

 

 

 

2 dari 7 halaman

2. Turunkan Berat Badan

Mangga muda menjadi salah satu buah terbaik untuk dimakan ketika kamu kehilangan kalori. Buah ini bisa meningkatkan metabolismemu sehingga membantumu membakar lebih banyak kalori, juga lebih rendah kalori dan mengandung sedikit gula.

3 dari 7 halaman

3. Tingkatkan Energi

Para ahli menyatakan bahwa mangga harus dikonsumsi setelah makan siang untuk membantu menghidupkan kembali dari rasa kantuk di sore hari. Itu karena makan mangga memberi tubuhmu dorongan energi yang benar- benar membuatmu semangat.

4 dari 7 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Mangga muda mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B3, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Niasin meningkatkan kadar kolesterol darah dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit seperti jantung, stroke dan serangan jantung.

5 dari 7 halaman

5. Mencegah Asam Lambung

Mangga kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino yang bekerja sama untuk menetralkan asam dalam lambung, sehingga mengurangi refluks asam dan mengurangi keasaman.

Cobalah mengunyah sepotong mangga mentah ketika mengalami asam lambung.

6 dari 7 halaman

6. Obati Penyakit Kudis

Penyakit kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C, yang menyebabkan pendarahan gusi, ruam, memar dan kelamahan dan kelelahan. Karena mangga kaya akan vitamin C, mangga mentah bisa membantu menyembuhkan masalah ini.

Mangga memainkan peran penting dalam mempromosikan kebersihan gigi dengan mencegah bau mulut dan melawan kerusakan gigi.

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: