Sukses

6 Alasan Mengapa Tidur Telanjang Bisa Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta - Tidur dengan pakaian lengkap tentu lumrah dilakukan setiap individu. Namun, bagaimana dengan tidur tanpa busana, alias telanjang? 

Tidur telajang secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan tidur tanpa busana bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur jadi lebih maksimal.

Nah, penasaran apa saja manfaat tidur telanjang bagi kesehatan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (12/7/2020).

1. Tingkatkan Kualitas Tidur

Tidur di lingkungan yang lebih dingin tentu bisa membantu tidur lebih baik dan lebih cepat. Suhu kamar tidur yang ideal untuk tidur adalah 15,6 - 19,4 derajat Celcius.

Tidur tanpa pakaian nyatanya menjadi cara terbaik untuk menjaga suhu internal tubuh rendah karena pendinginan tubuh tidak hanya membantumu tertidur lebih cepat, tapi juga meningkatkan kualitas tidurmu secara keseluruhan.

2 dari 7 halaman

2. Mengelola Stres dan Kecemasan

Studi menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk terkait dengan depresi, peningkatan risiko bunuh diri, stres dan kecemasan.

Tidur telanjang bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu, membantumu tidur lebih cepat, mengurangi stres dan kecemasan.

3 dari 7 halaman

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk berisiko kesehatan, terutama kenaikan berat badan. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara kurang tidur dan penambahan berat badan, menunjukkan bahwa orang yang tidur sama dengan atau kurang dari lima jam per malam lebih mungkin untuk menambah berat badan yang tidak sehat.

Selain meningkatkan kualitas tidurmu, dan menghindari risiko kenaikan berat badan, tidur telanjang juga membantu meningkatan pembakaran kalori.

4 dari 7 halaman

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Karena tidur telanjang meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik dan membuat tubuhmu cukup istirahat, ini bisa membantu mengurangi risiko diabetes, yang pada gilirannya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

5 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Penelitian telah mengaitkan penggunaan pakaian dalam ketat dengan jumlah sperma rendah. Menurut sebuah penelitian, pria yang memakai celana boxer lebih konsentrasi sperma dan jumlah sperma total yang lebih tinggi daripada mereka yang mengenakan pakaian ketat.

Oleh karena itu, tidur telajang memungkinkan testis berada pada suhu optimal.

6 dari 7 halaman

6. Kesehatan Vagina

Tidur telanjang adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan vagina dan menghindari infeksi jamur. Vagina memiliki kondisi yang hangat dan lembab, yang memudahkan infeksi ragi berkembang.

Dengan tidur tanpa mengenakan pakaian apa pun, kamu mengurangi infeksi jamur vagina dengan membiarkan sebagian panas dan kelembaban keluar pada malam hari.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: