Sukses

3 Tips Atur Keuangan di Masa Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 rupanya tak hanya berdampak pada kesehatan, melainkan juga kondisi ekonomi masyarakat di Indonesia. Ya, seperti yang kita tahu tak sedikit individu yang kehilangan pekerjaan atau juga bagi para pengusaha pendapatannya berkurang drastis.

Masalah keuangan menjadi salah satu dampak dari pandemi ini. Hampir semua orang merasakan dampak dan mengalami masalah keuangan karena pandemi ini. Ada yg memperoleh pemotongan gaji hingga 50%, dirumahkan sementara waktu hingga waktu yg tidak ditentukan hingga di PHK.

Oleh karena itu kerja sama antaranggota keluarga, terutama ibu, menjadi sangat penting. Mau tidak mau, ibu harus menjadi lebih jeli dan kreatif mengelola keuangan keluarga. Salah satunya seperti yang dilakukan ibu rumah tangga bernama Dinar Indah Palupi dari Babyologist.

Menurutnya dengan kondisi seperti ini kita perlu memutar otak. Peranan ibu rumah tangga sangat penting untuk membantu sang suami dan bergerak ditengah kondisi seperti ini.

2 dari 3 halaman

3 Tips

Setidaknya ada tiga cara yang dilakukan untuk mengatur keuangan di kondisi pandemi ini:

1. Berusaha tidak membeli makanan diluar. Semenjak pandemi saya berusaha untuk menahan hasrat "jajan" meskipun sulit ya moms. Tetapi, saya berusaha menahannya dan lebih membuat sendiri makanan atau cemilan untuk di rumah.

2. Menyamakan menu anak dan menu dewasa.Karena kakak dastan sudah tidak MPASI tentu sudah menu keluarga ya moms tetapi bagaimana jika saya ingin memasak yg pedas - pedas seperti balado misalnya? Nah ada bagian yg direbus misalnya telurnya, nah sebelum di olah, telur rebus inilah yg saya berikan untuk kakak dastan dan sayur pendampingnya bisa sayur bayam atau tumisan yg bisa dikonsumsi juga oleh kakak dastan. Ini akan menghemat biaya dengan tidak memasak menu yg berbeda-beda.

3. Menekan pengeluaran dan memperbanyak pemasukan.Kondisi seperti ini memang kita harus berusaha menekan pengeluaran. Menahan hasrat "jajan" dan menunda dulu untuk membeli hal yg tidak perlu. Untuk pemasukan bisa menambah pemasukan dengan usaha sampingan seperti berjualan buku ataupun makanan.

Itu tadi cara saya mengolah keuangan ditengah kondisi pandemi. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita benar-benar bisa kembali hidup normal seperti biasanya ya moms. Stay safe moms!

Sumber: Babyologist

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: