Sukses

6 Life Hack Mudah Untuk Membuat Pakaianmu Terlihat Baru Kembali

Liputan6.com, Jakarta Semakin sering digunakan, pakaian Anda akan semakin cepat rusak atau pudar warnanya. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan life hack berikut ini seperti dilansir dari Bright Side.

1. Masukkan es batu ke dalam pengering untuk menghilangkan kerutan

Masukkan beberapa es batu ke dalam pengering dan setel pada mode sedang selama sekitar 15 menit. Es batu akan meleleh dan berubah menjadi uap yang akan membatu menghilangkan kerutan dari pakaian Anda. Atau, Anda juga bisa memasukkan kaus kaki basah ke dalam pengering bersama dengan pakaian yang kusut.

 

2 dari 6 halaman

2. Singkirkan serabut kain dengan pisau cukur

Ambil pisau cukur serta selotip. Cukur bagian pakaian yang mengandung serabut. Pastikan untuk melakukannya dengan perlahan agar tak membuat lubang dipakaian. Gunakan selotip untuk mengambil serat kain tersebut.

 

3 dari 6 halaman

3. Mengembalikan topi ke bentuk semula dengan uap

Ambil panci kecil dan rebus air di dalamnya. Buat api kecil dan letakkan topi di atas panci. Uap secara bertahap akan meluruskan lipatan dan mengembalikan bentuk topi ke semula.

 

4 dari 6 halaman

4. Mengembalikan warna baju yang luntur dengan garam

Tambahkan sekitar setengah gelas garam ke dalam siklus pencucian. Setelah Anda memasukkan pakaian dan deterjen ke mesin cuci, tuangkan garam tersebut ke dalam drum. Selain mengembalikan warna, ini juga membantu mencegah pakaian baru memudar.

Gunakan garam meja biasa atau garam yang sangat halus tapi hindari garam yang tak digiling karena tak larut sepenuhnya di mesin cuci. Garam juga merupakan penghilang noda yang efektif, terutama noda darah, jamur, dan keringat.

 

5 dari 6 halaman

5. Gunakan blau atau pewarna biru untuk mengembalikan warna pakaian putih

Laundry bluing alias blau adalah trik lama untuk membuat pakaian putih yang kekuningan agar terlihat lebih cerah. Blau menambahkan sedikit pewarna biru pada kain, membuatnya terlihat lebih putih.

 

6 dari 6 halaman

6. Mengancingkan kancing baju atau zipper

Luangkan waktu beberapa saat sebelum memasukkan pakaian ke mesin cuci untuk memasang risleting dan kancing baju. Ini mencegah kancing baju menyangkut di pakaian lain saat dicuci. Ujung-ujungnya pakaian bisa rusak dan robek karena tersangkut.