Sukses

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Menakjubkan Silica Gel untuk Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta - Setiap membeli barang baru seperti sepatu, tas, dompet, hingga makanan ringan, kamu tentu tak asing dengan sebuah bungkus kecil berwarna putih di dalamnya.

Nah, jika menemukan bungkusan kecil tersebut jangan dibuang ya. Bungkusan tersebut berisi silica gel yang berguna untuk menyerap kelembapan agar benda yang dibeli tetap dalam keadaan kering.

Namun nyatanya, masih banyak yang mengabaikan benda tersebut dan membuangnya. Padahal silica gel masih memiliki beberapa manfaat lain yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Melansir dari Brightside, Jumat (28/2/2020), berikut ulasannya.

1. Menyelamatkan perangkat yang basah

Silica gel bisa menyerap kelembaban dengan baik, jadi kamu bisa memanfaatkannya untuk membantu mengeringkan perangkat yang basah seperti ponsel atau AirPod.

Caranya hanya cukup menyimpan perangkat di sebuah tempat bersama dengan silica gel dan diamkan selama 72 jam.

2 dari 5 halaman

2. Membantu membuat benda lebih bersih dan fresh

Kamu bisa menggunakan silica gel untuk mencegah benda-benda kesayangan seperti sepatu, tas, hingga handuk menjadi lembab, berjamur atau bau apek. Caranya cukup menyimpannya bersama dengan silica gel.

3 dari 5 halaman

3. Cegah benda berkarat

Kelembaban bisa membuat benda lebih mudah berkarat. Oleh karena itu, kamu bisa mencegah gunting, obeng, pisau cukur lebih mudah berkarat dengan menyimpannya di dalam wadah bersama dengan silica gel.

4 dari 5 halaman

4. Membuat bahan makanan lebih awet

Berbagai bahan makanan seperti bumbu dapur dan rempah-rempah harus selalu dalam keadaan kering agar lebih awet. Kamu bisa memanfaatkan silica gel untuk membuatnya lebih awet.

5 dari 5 halaman

5. Mencegah kaca mobil berembun

Berkendara dalam keadaan hujan bisa membuat kaca mobil berembun. Kondisi ini tentu bisa membahayakan pengemudi. Letakkan silica gel didekat kaca untuk menyerap kelembaban yang bisa menyebabkan kaca mobil berembun.

Kepala Balita Terjebak Pipa Plastik Selama 10 Menit
Loading