Sukses

Orangtua, Ucapkan Kalimat Positif Ini Bikin Anak Anda Jago Matematika

Matematika merupakan pelajaran yang tidak disukai sebagian orang.Tidak heran mereka yang menguasainya dianggap pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Mengajarkan dan membiasakan anak untuk berbicara positif kepada diri sendiri disebut mampu meningkatkan kemampuan anak, terutama dalam bidang matematika.

Dalam sebuah studi anyar yang dipublikasikan di jurnal Child Development menuliskan bahwa kalimat seperti ‘saya akan melakukan yang terbaik’ saat mengerjakan ujian matematika dapat meningkatkan nilai ujian anak.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhubungan dengan rasa percaya diri

“Studi kami menemukan bahwa kinerja matematika pada anak-anak dengan rasa percaya diri yang rendah, terbantu ketika mereka mengatakan bahwa mereka akan berusaha pada diri mereka sendiri,” kata peneliti Eddie Brummelman, mengutip dari CNN.

Dalam penelitian tersebut, peneliti menanyakan pada anak-anak mengenai kemampuan mereka dalam matematika. Setelah seminggu berlalu anak-anak mengikuti ujian matematika.

Kemudian peneliti meminta berbicara pada diri mereka sendiri yang fokus pada usaha, seperti ‘saya akan melakukan yang terbaik’, lalu fokus pada kemampuan seperti ‘saya sangat baik dalam hal ini', dan sebagian anak tidak berbicara apa-apa pada diri sendiri.

3 dari 3 halaman

Hasil penelitian

Hasilnya, anak-anak yang mengatakan ‘saya akan melakukan yang terbaik’ atau fokus pada usahanya mendapat skor matematika yang jauh lebih baik.

Dengan berbicara positif pada diri sendiri dapat memberikan manfaat bagi anak-anak yang memiliki pandangan negatif terhadap matematika.

 

Penulis : Ulya Kaltsum 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.