Sukses

Wajib Tahu, Fakta Unik 6 Benda Ini Diberi Warna Tertentu

Ada beberapa benda yang diberi warna karena alasan tertentu. Seperti, mengapa ban berwarna hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Mata manusia mampu melihat lebih dari 7 juta warna. Berkat itu, kita dapat melihat banyak warna berbeda dan menggunakannya untuk membuat hidup lebih mudah.

Seiring waktu, manusia menciptakan hal-hal yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari dengan warna tertentu untuk alasan-alasan tertentu pula. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Ban berwarna hitam

Karet yang digunakan untuk memproduksi ban sebenarnya berwarna putih, tetapi karbon hitam ditambahkan untuk memperpanjang umurnya. Ini membuat ban berwarna hitam.

Karbon htam meningkatkan daya tahan dan kekuatan ban dengan mencegah panas dan melindunginya dari sinar UV.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Pesawat berwarna putih

Kebanyakan pesawat komersil dicat putih untuk memantulkan sinar matahari. Ini akan membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh matahari dan mencegah pesawat terlalu panas.

Warna putih juga membantu mereka mengambil lebih sedikit waktu untuk mendinginkan ketika mereka sedang parkir.

 

3 dari 6 halaman

3. Lampu lalu lintas berwarna merah, kuning, dan hijau

Ada alasan mengapa warna-warna tersebut dipilih. Merah adalah warna dengan panjang gelombang terpanjang yang berarti dapat dilihat dari jarak yang lebih jauh. Ini memungkinkan pengemudi untuk melihatnya dari jauh.

Kuning memiliki panjang gelombang lebih pendek dari merah tetapi lebih panjang dari hijau. Panjang gelombang ini membuatnya lebih jelas ketika lampu berubah dari hijau ke kuning atau dari kuning ke merah.

 

4 dari 6 halaman

4. Zebra cross berwarna hitam-putih

Warna hitam dah putih yang kontras dalam perlintasan penyeberangan ini membuatnya terlihat dari jauh. Ini memberi pengemudi cukup waktu untuk mengurangi kecepatan dan membiarkan orang menyeberang. Dua warna kontras ini juga membantu pejalan kaki menonjol di latar belakang.

 

5 dari 6 halaman

5. Bola sepak berwarna hitam-putih

Saat dibuat dari plastik, bola sepak awalnya berwarna putih secara keseluruhan. Warna hitam ditambahkan kemudian agar bola sepak lebih terlihat di TV yang pada saat itu masih berwarna hitam dan putih juga.

 

6 dari 6 halaman

6. Kertas toilet berwarna putih

Warna putih di kertas toilet karena mereka diberi pemutih. Tanpa pemutih, kertas akan memiliki warna kecokelatan.

Kertas toilet tidak ditemukan dalam banyak warna lain karena perusahaan harus mewarnai dan itu akan menghabiskan lebih banyak uang. Ini berarti kertas toilet berwarna putih karena lebih hemat biaya.

Selain itu, kertas toilet berwarna tak akan terurai dengan cepat. Juga, ketika kertas toilet dibuat berwarna, banyak dokter mengaitkannya dengan peningkatan risiko kesehatan. Putih adalah pilihan yang aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.