Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Jangan Anggap Sepele, 8 Tanda pada Bibir Bisa Jadi Gejala Penyakit

Liputan6.com, Jakarta - Bibir kita memiliki lebih dari satu juta ujung saraf dan jauh lebih sensitif daripada ujung jari kita. Untuk itu, bibir membutuh perawatan khusus.

Terkadang bibir dapat memberi sinyal kepada kita bahwa kita memiliki beberapa masalah kesehatan dan kita perlu memperhatikannya.

Berikut beberapa tanda di bibir yang dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki masalah kesehatan, seperti melansir Bright Side, Senin (7/9/2019).

1. Kering di sudut mulut

Ketika air liur terperangkap di sudut mulutmu, itu akan menyebabkan kulit kering hingga bisa pecah-pecah.

Kondisi itu terjadi karena kamu sering menjilat bibir untuk melembabkannya, namun itu akan membuatnya menjadi sempurna untuk infeksi. Jika infeksi seperti itu terjadi terlalu sering, jangan ragu untuk pergi ke dokter.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 9 halaman

2. Bibir kering dan pecah-pecah

Keringnya bibirmu bisa mengindikasikan kurangnya kelebaban di seluruh tubuh. Itu juga bisa terjadi karena iklim atau stres. Dalam hal ini, minumlah lebih banyak air dan gunakan krim pelembab.

Namun, bibir pecah-pecah juga bisa terjadi karena alergi. Jadi, perhatikan jika kamu memiliki beberapa gejala lain seperti gatal.

3 dari 9 halaman

3. Benjolan di Bibir

Benjolah di bibir bisa terasa menyakitkan atau tidak nyaman. Tapi seringkali tidak berbahaya dan bisa hilang tanpa perawatan apa pun.

Reaksi atau alergi terhadap makanan juga bisa menyebabkan kondisi ini. Sering kali penyebabnya adalah infeksi virus, seperti herpes dan itu perlu perawatan medis yang tepat.

4 dari 9 halaman

4. Lingkaran merah di sekitar bibir

Salah satu alasan paling umum munculnya lingkaran merah di sekitar mulut adalah dermatitis bibir menjilat. Kebiasaan menjilat bibir berulang-ulang bisa menyebabkan keringnya minyak alami dari kulit di sekitar bibir dan menjadikannya merah dan gatal.

Nah, pelembab sederhana dan menghilangkan kebiasaan tersebut bisa mengatasi masalah ini.

5 dari 9 halaman

5. Kerutan di bibir atas

Jika kamu memiliki banyak kerutan di bibir atas, mungkin ada alasan fisik dan emosional. Coba perhatikan kebiasaan burukmu, seperti banyak menggunakan sedotan untuk minum atau terlalu banyak merokok karena stres.

6 dari 9 halaman

6. Perubahan warna bibir

Bibir biru bisa menunjukkan sirkulasi oksigen yang buruk dalam darah. Kamu bisa memiliki gejala yang sama di jari tangan dan kakimu.

Bibir putih atau pucat dapat menunjukkan anemia, yang sebenarnya membutuhkan perhatian medis. Bisa juga kamu kamu memiliki gula darah rendah, masalah peredaran darah atau kekurangan vitamin.

7 dari 9 halaman

7. Bibir bengkak

Pembengkakan bisa menjadi tanda reaksi alergi. Jika kamu memperhatikan bahwa bibirmu membesar setiap kali kamu menggunakan kosmetik tertentu, singkirkan.

Jika bibir kamu semakin besar dan besar dalam waktu singkat, langsung konsultasi ke dokter.

8 dari 9 halaman

8. Bintik hitam di bibir

Ada berbagai alasan munculnya bintik hitam pada bibir, dan kamu tidak boleh mengabaikannya.

Hiperpigmentasi adalah kondisi umum yang dapat menyebabkan bercak kecokelatan. Kamu mungkin memperhatikan itu tidak hanya di bibirmu, tapi juga di pipi, hidung dan dahimu.

Atau tubuhmu menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang kamu konsumsi.

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Demi Bibir Terbesar di Dunia, Mahasiswa Bulgaria Jalani 15 Kali Operasi Plastik
Artikel Selanjutnya
Ingin Tiru Kylie Jenner, Bibir Remaja Ini Malah Bengkak 2 Hari