Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Bermain Ponsel Saat BAB Meningkatkan Risiko Terkena Wasir, Ini Sebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Membawa ponsel ke toilet untuk menghabiskan waktu telah menjadi kebiasaan kebanyakan manusia modern. Padahal menurut dokter, kebiasaan ini dapat menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan yang serius.

Menggunakan ponsel sambil buang air besar (BAB) dapat meningkatkan risiko Anda terkena wasir atau yang dikenal sebagai tumpukan benjolan di sekitar anus. Masalah ini juga dapat berasal dari duduk di atas toilet terlalu lama.

 

2 dari 5 halaman

Menjadi kebiasaan

Dalam survei YouGov baru-baru ini misalnya, sebanyak 57 persen orang Inggris mengaku menggunakan telepon mereka di toilet. Kemudian sebanyak delapan persen koresponden mengaku selalu melakukannya.

 

3 dari 5 halaman

Meningkatkan risiko wasir

Melansir dari The Sun, Dr Sarah Jarvis, GP dan Direktur Klinis Pasien.info mengatakan bahwa sembelit dan mengejan terlalu keras saat BAB adalah faktor risiko wasir. Selain itu, hamil, batuk kronis, dan lansia juga merupakan faktor peningkatan terkena wasir.

"Tapi, duduk terlalu lama di toilet juga dapat meningkatkan risiko tersebut. Di masa lalu, orang membawa buku ke toilet, kini lebih cenderung membawa ponsel," ungkap Sarah.

 

 

4 dari 5 halaman

Perbanyak makanan berserat

Dengan kata lain, dokter tidak merekomendasikan Anda bermain ponsel saat BAB. Lebih baik untuk tidak membawa ponsel saat Anda memiliki keinginan untuk BAB.

Untuk membantu menghindari wasir, Sarah juga menyarankan untuk menambahkan serat ke dalam makanan, pastikan untuk minum cairan yang cukup, serta berolahraga secara teratur.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Beda Frekuensi BAB pada Bayi dan Anak
Artikel Selanjutnya
Sering Main Ponsel Saat BAB? Awas Ambeien