Sukses

Studi: Sering Pakai Emoji Lebih Banyak Peluang Bertemu Jodoh

Ternyata menggunakan ikon-ikon kecil ini bisa meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki pasangan.

Liputan6.com, Jakarta - Emoji telah mengambil peran penting dalam perilaku media sosial saat ini. Selain itu, dapat digunakan sebagai cara untuk menunjukkan perasaan dan emosi seseorang terhadap orang lain ketika mengobrol melalui pesan singkat.

Ternyata menggunakan ikon-ikon kecil ini bisa meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki pasangan.

Dua penelitian terbaru yang dilakukan Amanda N. Gesselman, Vivian P.Ta dan Justin R. Garcia mengungkap tentang pengaruh penggunaan emoji dalam situasi interpersonal.

Para peneliti tersebut memutuskan untuk mengadakan studi terkait emoji untuk membuktikannya. Penasaran seperti apa? Berikut beberapa keuntungan yang didapat dalam menggunakan emoji terhadap hubungan percintaan, seperti melansir Bright Side, Jumat (6/9/2019).

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Peluang Kencan Pertama

Menggunakan ikon senyum dapat membantu membentuk koneksi yang lebih baik dengan seseorang. Selain itu, bisa juga meningkatkan peluang keintiman dengan seseorang.

5.327 orang dewasa lanjang dari Amerika berumur 18 hingga 94 mengambil bagian dalam penelitian ini. Para peserta ditanyai sejumlah pertanyaan terkait dengan seberapa sering mereka menggunakan emoji dan berapa banyak kencan pertama yang mereka lakukan dalam setahun.

Dari hasil studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang sering menggunakan emoji saat berkirim pesan memiliki lebih banyak kencan serta hubungan intim yang sukses.

Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa hampir 30% dari single di Amerika menggunakan emoji dan alasan paling sering untuk penggunaan tersebut adalah untuk mengekspresikan diri mereka.

3 dari 4 halaman

Membantu Mengembangkan Hubungan

Dalam penelitian lanjutan dari studi sebelumnya, dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana menggunakan emoji mempengaruhi kemajuan untuk kencan pertama, lalu apakah mereka ditinjaklanjuti dengan pertemuan kedua selain pertemuan lainnya.

275 orang dewasa lajang Amerika dengan umur 18 hingga 71 mengambil bagian dalam penelitian ini. Para peserta ditanya tentang jumlah kencan pertama dan kedua dengan orang yang sama selama setahun terakhir, apakah mereka menggunakan emoji sebelum dan setelah kencan pertama serta perilaku seksual mereka pada tahun yang sama.

Hasilnya menunjukkan bahwa para peserta cukup aktif dalam menggunakan emoji dan mereka melaporkan lebih banyak kencan kedua atau ketiga dengan pasangan mereka yang telah menunjukkan korelasi besar antara menggunakan emoji tersenyum dan romantis.

Emoji membantu mereka untuk mengembangkan hubungan dengan calon pasangan mereka lebih lanjut, serta terlibat dalam aktivitas seksual.

4 dari 4 halaman

Membawa Banyak Hal Baik

Kedua studi tersebut membuktikan keterkaitan antara menggunakan emoji dan pengembangan hubungan romantis yang sukses. Emoji kecil yang tersenyum itu membantu orang membangun hubungan dan menikmati hasilnya.

Jadi, coba lakukan ya. Ambil ponselmu dan kirim beberapa emoji ke pasanganmu jika kamu sedang menjalin hubungan atau kepada gebetanmu jika kamu masih lajang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.