Sukses

Viral, Video Komodo Memangsa Monyet dalam Keadaan Utuh

Sebuah video viral menunjukkan bagaimana keganasan seekor komodo

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral menunjukkan bagaimana keganasan seekor komodo yang menelan monyet dalam keadaan utuh. Kadal raksasa sepanjang 3 meter itu terlihat memangsa primata tersebut dari kepala hingga kaki hanya dalam enam gerakan menelan.

Rekaman yang beredar dibuka dengan monyet yang sudah setengah jalan di kerongkongan komodo. Lalu komodo itu membuka mulutnya lebih lebar untuk menelan monyet tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Tidak ada perlawanan berarti dari si monyet. Kemungkinan karena monyet itu telah terkena gigitan komodo yang berbisa. Ekor monyet itu adalah yang terakhir ditelan.

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Tidak dijelaskan di mana video itu diambil, namun karena komodo adalah hewan endemik yang hanya terdapat di Indonesia, diperkirakan video tersebut diambil di pulau Komodo. Biasanya komodo sendiri memangsa babi, rusa, dan ular.

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Komodo dapat berlari hingga 24 kilometer per jam serta melahap mangsa hampir 80 persen dari ukurannya sendiri. Manusia amat jarang menjadi dimangsa oleh komodo. Setidaknya diketahui hanya terdapat empat kematian karena serangan komodo dalam 40 tahun terakhir.

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Air liur komodo diyakini mengandung 50 jenis bakteri. Sehingga jika mangsa berhasil melarikan dari cengkeraman komodo, gigitannya yang berbisa dapat menyebabkan keracunan darah yang fatal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.