Sukses

Canggih, Makanan Masa Depan Ini Terbuat dari Udara dan Listrik

Makanan canggih ini terbuat dari udara dan listrik, sehingga tak perlu lahan pertanian

Liputan6.com, Jakarta - Lahan pertanian semakin hari semakin berkurang. Alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan, gedung, atau hotel seringkali tidak memerhatikan pelestarian lingkungan.

Semakin sempitnya lahan pertanian tersebut menjadi perhatian sebuah start-up dari Finlandia bernama Solar Foods. Perusahaan ini berhasil membuat prototipe makanan futuristik yang terbuat dari udara dan listrik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diciptakan dari udara dan listrik

Makanan futuristik yang mereka ciptakan tersebut dinamai Solein. Solein merupakan protein yang bentuknya mirip dengan bubuk gandum.

Solein dibuat dari proses ilmiah di mana air dialiri listrik untuk menghasilkan karbon dioksida dan hidrogen. Selanjutnya, mikroba dimasukkan ke dalam produk akhir yang nantinya berfermentasi seperti minuman alkohol. Hasil fermentasi itulah yang kemudian dioleh menjadi Solein.

 

3 dari 5 halaman

Tinggi protein

Sebanyak 50% kandungan Solein merupakan protein. Produk ini bisa digunakan dalam aneka jenis makanan atau dicetak dalam berbagai bentuk.

 

4 dari 5 halaman

Tidak butuh lahan pertanian

"Ini merupakan protein yang sangat unik dan berbeda dari produk lainnya. Jenis makanan baru ini tidak dihasilkan dari proses agrikultur atau akuakultur konvensional," ujar Chief Executive Solar Foods Dr. Pasi Vainikka seperti dilansir dari Guardian.

5 dari 5 halaman

Ramah lingkungan

Karena bukan merupakan produk agrikultur, Solein diklaim lebih hemat energi hingga 10 kali dibanding pertanian atau peternakan konvensional.

Tentu saja, Solein juga ramah lingkungan ketimbang makanan lainnya. Meski masih berupa prototipe, diharapkan produk ini bisa segera dijual secara komersil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.