Sukses

6 Inspirasi Hadiah Lebaran 2019, Cocok untuk Sanak Saudara

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran Idul Fitri menjadi momen sakral yang diisi dengan acara berkumpulnya keluarga besar. Pada hari tersebut, seluruh keluarga akan bersilaturahmi dan melepas rindu karena jarang bertemu.

Selain acara kumpul keluarga, momen lebaran biasanya diisi dengan berbagi uang dan kado. Selain makan bersama, momen berbagi kado dan uang ini tentu sangat ditunggu-tunggu anggota keluarga. Biasanya, yang kerap diberikan berbagai hadiah adalah anak-anak kecil dan remaja. Para orang dewasa yang telah bekerjalah yang bertugas untuk membagikan hadiahnya.

Namun, tak jarang juga para orang dewasa saling bertukar kado pada saat itu. Kado yang diberikan isinya bisa bermacam-macam. Bisa berupa barang ataupun makanan. Untuk membantumu memilih kado apa yang bisa diberikan pada sanak saudara, simaklah beberapa alternatif ini.

1. Uang

Uang merupakan hadiah terbaik yang bisa kamu berikan sebagai kado. Kamu bisa meletakkan uang di dalam amplop khusus lebaran dan disertai dengan surat ucapan.

Namun, jika kamu tidak memiliki budget yang terlalu banyak, kamu juga bisa mencampur kado ini dengan kado lainnya. Simpan kado tersebut di dalam sebuah kotak kecil dan bungkus dengan kertas kado berwarna-warni!

2. Pakaian

Memberikan pakaian di hari lebaran juga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Jika kamu berencana memberikan pakaian sebagai kado lebaran, pastikan kamu mengetahui ukuran yang biasa digunakan oleh orang yang akan kamu beri hadiah.

Jika kamu tidak mengetahui ukurannya, kamu bisa mengira-ngira ataupun membeli ukuran yang agak besar. Belilah pakaian yang tidak terlalu mencolok atau terlalu ramai. Tidak harus baju khas lebaran, kamu juga bisa memberi baju untuk dipakai sehari-hari.

2 dari 2 halaman

3. Aksesori

Kamu juga bisa memberikan aksesori sebagai alternatif hadiah. Aksesori yang bisa kamu berikan berupa jam tangan, tas pinggang, parfum, ikat pinggang, scarf, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan berbagai akseseori yang berhubungan dengan keagamaan. Contohnya tasbih, peci, kerudung, dan lain sebagainya.

4. Makanan

Makanan memegang peranan yang sangat penting di hari lebaran. Berbagai makanan khas yang ada pada hari lebaran, seakan menjadi primadona tersendiri saat perayaan lebaran.

Selain itu, memberikan makanan juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu berikan saat lebaran. Kamu bisa memberikan berbagai kue kering, permen, cokelat, buah kering, atau aneka makanan lain yang khas saat lebaran.

5. Buku-buku Islami

Berbagai buku bernuansa Islam juga bisa menjadi alternatif hadiah yang bisa kamu berikan. Buku mengenai kisah para nabi, atau cerita islami lainnya bisa dijadikan pilihan yang bagus.

6. Mainan

Mainan juga bisa menjadi hadiah yang bagus untuk diberikan pada hari lebaran. Sebab, pasti kebanyakan yang menerima hadiah pada hari lebaran adalah anak-anak yang masih kecil.

Tentu saja dengan memberikan uang mereka bisa membeli apa saja yang mereka inginkan. Namun, pada akhirnya mereka akan merasa bingung saat membelanjakan uangnya. Jadi, memberi mainan adalah salah satu solusi terbaik yang bisa kamu berikan.

Terlebih, anak-anak kecil akan sangat antusias dan senang saat diberikan berbagai macam mainan baru. Pastikan kamu memberikan mainan yang aman untuk dimainkan dan bisa memberi edukasi pada mereka. 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Indef: Lebaran Tak Mampu Kerek Pertumbuhan Ekonomi