Sukses

Mengejan Terlalu Keras Saat BAB, Wanita Ini Alami Amnesia

Ini dikarenakan dia mengejan terlalu keras saat buang air besar

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita dengan sembelit di Hong Kong, kehilangan 10 tahun ingatan setelah mengejan terlalu keras saat buang air besar. Uniknya, amnesia wanita itu hanya berlangsung selama 8 jam.

Mengutip dari Asia One, anggota keluarga segera membawanya ke rumah sakit setelah kejadian itu. Tapi, dokter mengklaim bahwa otak wanita itu berfungsi normal.

Ahli saraf Dr Peng Jiaxiong menjelaskan bahwa kehilangan ingatan jangka pendek yang secara medis dikenal sebagai amnesia global sementara, bisa disebabkan oleh ketidakmampuan katup vena jugularis internal, di mana aliran darah ke otak terpengaruh. Kekuatan berlebihan yang dikeluarkan saat mengejan menyebabkan jumlah oksigen yang dikirim ke otak tidak mencukupi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merupakan kondisi langka

Biasanya ini terjadi pada orang yang mengangkat benda terlalu berat atau terlalu emosional. Namun, ini merupakan kondisi yang jarang terjadi.

Bagi mereka yang alami amnesia setelah aktivitas tertentu, harus mendapat penanganan medis sesegera mungkin. Untuk kasus wanita itu sendiri, kini telah berangsur pulih dan ia mengaku tak ingat pernah mengalami amnesia sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • Amnesia

  • BAB

Video Terkini