Sukses

Sering Telat? 7 Cara Ini Bantu Kamu Bangun Lebih Pagi

Tidak semua orang sanggup bangun pagi-pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang sanggup bangun pagi-pagi. Terkadang, Anda bangun lebih siang untuk mengganti waktu tidur malam sebelumnya yang berkurang karena tidur terlambat.

Namun jika Anda ingin mencoba bangun lebih awal, berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan seperti dilansir dari Curiosity.com,

1. Mulai secara perlahan

Saat Anda baru mulai, mundurkan waktu bangun tidur Anda 15-20 menit setiap pagi. Jika Anda biasanya bangun jam 9, coba pasang alarm pada jam 8.45.

Bangun secara mendadak pada jam 5 hanya akan membuat Anda merasa seperti zombie.

2. Tidur lebih awal

Anda tidak ingin kurang tidur, jadi aturlah waktu tidur untuk diri sendiri dan patuhi hal tersebut. Jika tidak lelah saat waktu tidur tiba, bacalah buku sampai tertidur.

Jangan hidupkan ponsel, tv, atau laptop. Cahaya yang dipancarkan akan membuat tubuh berpikir masih terlalu awal untuk tidur.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Punya rencana di pagi hari

Apa yang ingin Anda lakukan bila Anda bangun lebih pagi? Berolahraga? Mencuci? Jika tidak memiliki tujuan, ini hanya akan membuat Anda tidur lebih lambat.

4. Sarapan

Agar sarapan menjadi menyenangkan, buatlah sesuatu yang lezat dengan gizi yang seimbang. Sarapan dengan karbohidrat komplek dan serat, seperti oatmel, roti gandum, atau telur, akan membuat Anda lebih awas.

5. Pakai alarm yang lembut

Jika bangun lebih awal terasa merontokkan badan Anda, gunakan alarm yang lembut. Suara yang terlalu kuat hanya akan membuat Anda bangun dengan terkejut lalu tubuh terasa letih.

 

3 dari 3 halaman

6. Letakkan alarm jauh dari jangkauan

Dengan melakukan ini, tak ada cerita mematikan alarm untuk tidur lagi. Saat Anda bangun dan berjalan untuk mematikannya, Anda cenderung tidak akan tertidur lagi.

7. Disiplin

Pagi pertama Anda melakukannya akan terasa seperti pagi terburuk yang pernah Anda alami. Tapi tubuh akan beradaptasi. Tetap disiplin dengan rencana tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.