Sukses

Tempat Wisata di Ciwidey Paling Hits Ini Punya Pemandangan Indah Banget

Rugi lho enggak ke tempat wisata di Ciwidey.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik. Sayang jika tidak dikunjungi. Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah di Indonesia memiliki tempat wisata khasnya masing-masing. 

Beberapa daerah di Indonesia juga sudah terkenal hingga mancanegara karena keindahan pariwisatanya. Contohnya saja Bali dan Yogyakarta.

Namun tidak hanya kedua tempat itu saja yang memiliki tempat wisata memukau dan bisa terkenal hingga mancanegara. Beberapa tempat di daerah kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, yaitu Bandung, memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi saat kesana.

Salah satu daerah di Bandung bernama Ciwidey, memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan bahkan mungkin belum terkenal.

Berikut Liputan6.com Kamis (21/3/2019) rangkum dari berbagai sumber 5 tempat wisata di Ciwidey, Bandung yang asyik untuk dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kawah Putih

Tempat wisata di Ciwidey yang pertama adalah kawah putih. Kawah putih merupakan salah satu tempat wisata di Ciwidey yang sudah cukup terkenal. Wisata yang berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey ini berada sekitar 50 km dari selatan kota Bandung.

Untuk menuju ke Kawah Putih, kamu bisa menaiki transportasi umum atau dengan kendaraan pribadi. Wisata Kawah Putih Ciwidey ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk kekawasan ini juga termasuk murah.

Selain itu disekitar tempat wisata Kawah Putih juga terdapat penginapan yang yang menyediakan akomodasi dan fasilitas lainnya.

Kawah Putih merupakan tempat wisata di Ciwidey yang sudah terkenal sejak lama. Tempat wisata ini dulunya pernah menajadi salah satu tempat pembuatan film "Heart" yang diperankan oleh Nirina Zubir, Acha Septiansyah, dan Irwansyah.

3 dari 6 halaman

2. Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang juga tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Situ Patenggang. Salah satu tempat wisata di Ciwidey ini juga terkenal akan legenda yang ada di sana.

Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan.

Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 km dari wisata Kawah Putih. Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, Situ Patenggang juga terkenal akan danaunya.

Fasilitas lain juga dapat kamu nikmat seperti restaurant, penginapan, gazebo, toko souvenir, masjid, dan masih banyak lagi. Untuk menuju ke Situ Patenggang, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju wisata ini juga cukup terjangkau.

4 dari 6 halaman

3. Pemandian Air Panas Ciwalini

Ciwidey memang berada di dataran tinggi Bandung. Jika kamu ingin merasakan kehangatan maka kamu patut untuk datang ke tempat wisata di Ciwidey yang satu ini yaitu pemandian air panas Ciwalini.

Pemandian air panas ini lebih sering disebut oleh masyarakat sekitar Rancawalini. Rancawalini menyediakan kolam renang air panas yang dikelilingi oleh pemandangan pegunungan di sekitarnya. 

Rancawalini terletak di Jalan Raya Ciwidey-Petangan, Tenjolaya, Ciwidey, Rencabali, Bandung, Jawa Barat. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Rancawalini, kamu hanya perlu membayar Rp.15.000 per orang.

Rancawalini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Selain pemandian air hangat, disekitar tempat wisata ini juga terdapat penginapan, kebun tanaman obat, hingga taman kelinci.

5 dari 6 halaman

4. Kebun Teh Rencabali

Tempat wisata di Ciwidey yang satu ini akan memanjakan mata pengunjungnya dengan hamparan perkebunan teh dan udara pegunungan yang menyejukkan. Jika kamu beruntung, kabut kadang juga akan turun menyelimuti perkebunan teh ini.

Selain menikmati suasana perkebunan teh, kamu juga bisa melihat proses pembuatan teh yang berada di lokasi yang sama.

Untuk masuk ke area perkebunan teh Rencabali kamu cukup membayar RP.5.000 perorang. Rute yang dapat kamu ambil untuk menuju ke perkebunan teh ini mirip dengan kawasan wisata kawah putih Ciwidey karena cukup berdekatan.

6 dari 6 halaman

5. Rancaupas

Selanjutnya di Ciwidey terdapat tempat wisata yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta alam, yaitu Rancaupas. Rancaupas atau sekarang lebih disebut dengan Ranca Upas Smart Camp Advanture ini adalah tempat wisata di Ciwidey yang cocok untuk bercamping.

Selain itu, Rancaupas juga sering digunakan untuk tempat outbond hingga jambore untuk anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya.

Fasilitas yang diberikan di tempat wisata ini berupa flying fox, high rope, tempat camping, tempat makan, outbond, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke area Rancaupas kamu cukup membayar Rp.10.000 per orang. Berbeda dengan tempat wisata di Ciwidey lainnya, Rancaupas buka selama 24 jam dalam sehari.

Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Km. 11 Alam Endah, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Itulah beberapa tempat wisata yang di Ciwidey, Bandung, yang patut kamu kunjungi. Tidak hanya tempat wisata diatas, namun masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya yang ada di Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini