Sukses

11 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Akurat, Kicau Mania Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar burung pasti tidak asing dengan spesies burung yang bernama Lovebird satu ini, khususnya di kalangan kicau mania. Burung Lovebird adalah salah satu jenis burung kicau yang cukup dibanjiri peminat. 

Disebut “Lovebird” atau “Burung Cinta” karena burung ini adalah jenis burung sosial yang tidak bisa dipisahkan dengan pasangannya. Burung ini hanya mempunyai 1 kekasih seumur hidup mereka. Selain itu, sepasang burung ini akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain.

Lovebird merupakan jenis burung yang melegenda di Indonesia. Warna dan jenisnya pun beragam, mulai dari Lovebird klep, non-klep, paruh putih, paruh merah, dan paruh oranye. Selain warnanya yang beragam, kicauan burung ini juga menjadi daya pikat lain bagi para pecinta burung.

Burung Lovebird dikenal sebagai burung dengan “ngekek” panjang. Ngekek merupakan istilah yang digunakan di kalangan pecinta burung yang berarti kicauan panjang. Burung ini disebut-sebut bisa ngekek hanya dengan satu tarikan nafas.

Karena “ngekek”nya yang panjang, burung ini sering diikutsertakan dalam perlombaan kicau burung. Burung Lovebird sering disebut sebagai legenda juara ketawa di berbagai kontes burung level nasional.

Maka tak heran banyak orang yang rela merogoh kocek untuk bisa memelihara burung penuh talenta ini. Namun, pernahkah anda penasaran dengan cara membedakan lovebird jantan dan betina?

Tidak usah khawatir, terdapat banyak trik untuk mengetahui jenis kelamin burung lovebird anda. Berikut ini Liputan6.com paparkan cara membedakan lovebird jantan dan betina yang dikutip dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Fisik

1.  Bentuk Paruh

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang pertama dapat dilihat dari bentuk paruhnya. Bentuk paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dan cenderung kecil. Sementara itu, lovebird betina memiliki paruh yang tumpul, melebar dan besar.

2.  Ukuran Tubuh

Lovebird jantan dan betina bisa dibedakan dari ukuran tubuhnya. Tubuh lovebird jantan cenderung lebih kecil, sedangkan lovebird betina lebih besar. Selain itu, kepala lovebird jantan berbentuk cepak dan lovebird betina berbentuk melengkung.

3.  Lubang Hidung

Lubang hidung lovebird bisa digunakan sebagai cara membedakan lovebird jantan dan betina. Caranya, tiup bagian hidung lovebird untuk melihat bentuknya. Jika lubang hidung lovebird berbentuk lonjong, dapat dipastikan bahwa lovebird berjenis kelamin jantan. Sebaliknya, jika berbentuk bulat lebar, lovebird tersebut adalah betina.

4.  Bentuk Sayap

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-empat adalah dengan melihat bentuk sayapnya. Ujung sayap lovebird jantan biasanya berbentuk menyilang, atau tindih menindih satu sama lain. Sementara itu, lovebird betina memiliki ujung sayap yang sejajar dan tidak menyilang.

5. Bentuk Ekor

Jika sebelumnya melihat bentuk sayap, membedakan lovebird jantan dan betina bisa dilakukan dengan melihat bentuk ekornya. Ekor lovebird jantan cenderung berbentuk runcing, sedangkan ekor lovebird betina lebih rata dan lebar.

6.  Lingkar Klep Kacamata

Mengetahui jenis kelamin lovebird bisa dilakukan dengan cara memeriksa lingkar klep kacamata alias bagian putih di sekitar mata. Meski kadang tidak terlihat, namun cara ini bisa dilakukan sebagai alternatif.

Lovebird jantan akan memiliki lingkar klep kacamata berbentuk oval atau lonjong. Sedangkan lovebird betina memiliki lingkar klep yang bulat.

7. Bentuk Anus

Bentuk anus lovebird jantan umumnya berbentuk lebih kecil seolah-olah terlihat menonjol. Sedangkan lovebird betina memiliki anus yang lebih lebar dan terlihat rata.

8. Tulang Pubis

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah jarak antar dua tulang pubis burung lovebird. Dua tulang pubis lovebird jantan terasa menyempit saat diraba. Lovebird betina memiliki tulang pubis yang elastis sehingga jarak antar keduanya lebih lebar.

3 dari 3 halaman

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Tingkah Laku

9. Cara Bertengger

Meski lovebird betina lebih besar daripada yang jantan, saat bertengger lovebird jantan terlihat lebih besar. Hal ini karena lovebird jantan bertengger dengan kaki agak merapat. Sedangkan kaki lovebird betina dilebarkan sehingga terlihat lebih pendek.

10.  Cara membangun sarang

Burung lovebird yang tidak dipelihara biasanya akan membangun sendiri sarangnya. Jenis kelamin Lovebird bisa dilihat dari cara membangun sarang. Misalnya, lovebird betina lebih aktif mengambil serpihan-serpihan bahan dan mengumpulkannya untuk dijadikan sarang.

11.  Tingkah Laku saat Birahi

Seperti yang telah diketahui, burung lovebird adalah spesies burung yang hanya memiliki satu pasangan sepanjang hidupnya. Mereka tidak bisa hidup tanpa hadirnya pasangan sehingga mereka harus selalu hidup berdampingan.

Jenis kelamin burung lovebird bisa dilihat dari tingkah laku mereka saat sedang birahi. Ciri khas tingkah laku lovebird jantan yaitu mendekati betinanya dan manggut-manggut. Selain itu, lovebird jantan juga akan mengeluarkan suara berbunyi tek tek tek atau cit cit cit untuk menarik perhatian pasangannya.

Sementara itu, lovebird betina cenderung lebih suka menunduk dengan membentangkan sayapnya dengan lebar. Tingkah laku ini sering disebut dengan posisi “ngleper”. Lovebird betina juga akan menggigiti benda-benda yang ada di sekitarnya sebagai tanda bahwa mereka sedang menarik perhatian lovebird jantan.