Sukses

Cara Membuat Pola Baju untuk Pemula, Pahami Dasar dan Triknya

Liputan6.com, Jakarta Menjahit baju sendiri bukanlah perkara mudah bagi pemula. Pasalnya, menjahit baju memerlukan keterampilan, kesabaran dan ketelitian.

Mungkin bagi pemula, cara membuat pola baju akan terkesan rumit. Namun, jika dipahami dasar-dasarnya, cara membuat pola baju tidaklah sesulit yang dipikirkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat pola baju bagi Anda yang ingin mulai mencoba menjahit.

Berikut cara membuat pola baju dan dasar-dasar yang perlu diperhatikan sebagaimana dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(16/3/2019).

2 dari 5 halaman

Siapkan Alat

Sebelum membuat pola siapkan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Alat-alat ini dapat dengan mudah ditemukan. Anda dapat mencarinya di toko alat jahit atau bahkan Anda sudah memilkinya.

Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat pola baju :

· Pensil untuk menggambar pola

· Penghapus

· Kertas, bisa gunakan kertas apa saja mulai dari kertas khusus pola hingga kertas Koran atau kertas minyak.

· Penggaris untuk menggambar garis lurus pola.

· Pita meteran untuk mengukur baju sesuai ukuran tubuh

3 dari 5 halaman

Mengukur Baju

Cara membuat pola baju yang pertama adalah mengukur baju sesuai dengan ukuran tubuh. Siapkan pita meteran, pensil, dan kertas untuk mencatat ukuran-ukuran yang ada. Berikut bagian badan yang perlu diukur:

Panjang baju

Jika Anda ingin membuat pola baju Anda sendiri, maka Anda dapat menentukan berapa panjang baju yang Anda buat. Ukur panjang baju dari bahu hingga batas yang diinginkan.

Lingkar Dada

Ukur melingkar dari bawah ketiak hingga bagian dada yang menonjol.

Lingkar Leher

Lingkarkan pita meteran dari hingga bagian leher yang terbesar.

Panjang lengan

Panjang lengan diukur dari pundak bawah sampai pergelangan tangan jika ingin membuat pola baju lengan panjang. Jika ingin membuat pola lengan pendek sesuaikan panjang lengan dengan ukuran lengan yang Anda inginkan.

Lebar Bahu

Anda bisa mengukur lebar bahu dengan mengukurnya mulai titik bahu pada leher tertinggi sampai titik bahu yang paling rendah pada ujung bahu bagian lengan.

Lingkar Pinggul

Ukur melingkar bagian pinggul, lingkar pinggul kurang lebih berada 20 cm dari lingkar pinggang.

Lingkar Pinggang

Ukur melingkar bagian pinggang atau bagian yang terkecil.

Lingkar Pergelangan tangan

Ukur melingkar pergelangan tangan

Lingkar kerung lengan

Lingkarkan pita meteran pada sekeliling kerung lengan dari titik bahu melalui ketiak sampai kembali ke titik bahu awal.

4 dari 5 halaman

Membuat Pola Dasar

Kemudian cara membuat pola baju selanjutnya adalah menentukan pola dasar. Pada umumnya semua pakaian memiliki pola dasar yang sama. Pola dasar terbagi atas beberapa bagian. Bagian tersebut adalah pola dasar atas, pola dasar bawah, pola dasar lengan,serta pola atas dan bawah.

Tentukan jenis baju yang ingin Anda buat, dengan begitu Anda akan dapat menentukan pola mana yang akan dibuat. Jika ingin membuat baju blouse atau kemeja, Anda akan memerlukan pola dasar atas dan pola dasar lengan. Jika ingin membuat baju gamis, gaun, atau terusan lainnya, Anda akan memerlukan pola dasar atas bawah.

Berikut rinciannya :

Pola Dasar Atas

Pola dasar atas merupakan pola baju yang meliputi ukuran bagian bahu sampai pinggang. Pola ini merupakan pola dasar baju atasan. Biasanya pola ini terdiri dari bagian depan dan belakang. Pola ini merupakan pola yang harus Anda jika ingin membuat baju atasan seperti kemeja atau blouse sendiri.

Mulai dengan selembar kertas lalu gambarkan pola dengan ukuran-ukuran yang sudah diukur sebelumnya seperti lingkar kerung lengan, lebar bahu, panjang baju, lingkar dada, lingkar leher, hingga lingkar pinggang.

Pola dasar Lengan

Pola dasar lengan merupakan pola dasar yang dibuat untuk membentuk bagian lengan. Jika ingin membuat lengan pendek gunakan ukuran panjang lengan hingga siku. Sedangkan jika menginginkan lengan panjang, gunakan ukuran panjang lengan hingga pergemangan tangan. Pola dasar lengan ini diperlukan jika Anda ingin membuat pola baju apapun yang disertai dengan lengan.

Pola Dasar Bawah

Pola dasar bawah merupakan pola yang digunakan untuk membuat rok atau celana. Pola ini memang khusus digunakan untuk membuat pola bagian bawah. Ukuran yang diperlukan untuk membuat pola ini biasanya berupa ukuran dari pinggang hingga mata kaki. Pola ini juga terdiri dari pola depan dan belakang.

Pola Dasar Atas dan Bawah

Pola ini merupakan pola yang digunakan saat Anda ingin membuat baju terusan seperti gamis atau gaun. Pola ini merupakan gabungan antara ukuran-ukuran pola atas dan pola bawah.

5 dari 5 halaman

Trik Mudah Cara Membuat Pola Baju untuk Pemula

Ada trik mudah dalam cara membuat pola baju untuk pemula. Cara ini begitu sederhana bagi Anda yang masih kesulitan membuat pola baju.

Cara membuat pola baju adalah dengan menjiplak pola menggunakan baju Anda sendiri. Anda bisa menggunakan baju Anda yang sudah tidak terpakai namun masih pas digunakan.

Bedah jahitan baju tersebut dengan silet. Bedah bagian-bagian yang diperluakan seperti lengan, bagian depan dan belakang, serta kerah jika ada.

Setrika lembaran bedahan baju agar mudah untuk dijiplak. Setelah itu tempelkan potongan-potongan baju tersebut pada kertas pola dan mulailah untuk menjiplaknya dengan pensil. Dengan begitu pola baju sesuai dengan ukuran badan akan Anda dapatkan dengan mudah.