Sukses

Cara Berenang Gaya Bebas, Lengkap dengan Tekniknya Untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta Berenang menjadi salah satu alternatif olahraga. Olahraga air ini banyak dilombakan karena melakukannya membutuhkan teknik yang tidak sembarang orang bisa menguasainya. Berenang sendiri memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Misalnya untuk melatih otot, menyehatkan jantung, bahkan menurunkan risiko diabetes.

Selain itu berenang juga dapat menurunkan berat badan dan menambah tinggi badan. Hal ini terjadi karena hampir seluruh otot tubuh dilibatkan pada saat berenang.

Bagi para orangtua, berenang jadi hal yang wajib untuk diajarkan pada anak-anak. Olahraga air ini sangat pas untuk menyalurkan energi anak balita yang begitu besar. Gerakannya juga bisa merangsang pertumbuhan fisiknya agar lebih optimal.

2 dari 5 halaman

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Mental

Terlepas dari banyaknya manfaat kesehatan fisik, berenang juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Berenang dapat mencegah stres dan menimbulkan perasaan lebih tenang. Menurut penelitian dari Indiana University, secara biologis mereka yang rajin berenang dinyatakan memiliki jiwa 20 tahun lebih muda dari usia aslinya.

Untuk itu, olahraga ini rasanya wajib dicoba sesegera mungkin agar segera tahu manfaatnya, baik itu oleh anak-anak maupun dewasa. Berenang terdiri dari berbagai macam gaya, yakni gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Nah, renang gaya bebas sering dianjurkan bagi pemula.

Yuk simak selengkapnya Cara Berenang Gaya bebas bagi pemula, yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019).

3 dari 5 halaman

Cara Berenang Gaya Bebas

Sesuai namanya, gaya bebas adalah satu-satunya macam-macam gaya renang yang tidak membutuhkan teknik yang rumit. Gaya renang satu ini tidak terikat pada satu gaya tertentu. Maka dari itu, gaya ini dianjurkan bagi pemula.

Caranya adalah dengan menggerakkan kedua lengan jauh ke depan seperti gerakan mengayuh secara bergantian. Sembari mengayuhkan kedua lengan secara bergantian, kedua kaki bergantian digerakkan naik turun secara mendatar.

Posisi wajah dihadapkan sejajar permukaan air dengan sesekali mengambil nafas melalui mulut dengan cara menyerongkan wajah ke atas permukaan air.

4 dari 5 halaman

Teknik Berenang Gaya Bebas

Meskipun tidak terikat gaya tertentu, renang gaya bebas membutuhkan teknik umum yang wajib dipahami setiap orang. Berikut adalah teknik berenang gaya bebas yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019).

- Posisi dan kondisi tubuh

Renang gaya bebas atau free swim merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Posisi tubuh harus streamline alias sejajar dan lurus mulai dari kaki hingga kepala. Selain itu, pastikan sebelum terjun ke air, Anda telah melakukan pemanasan.

Pemanasan dilakukan agar tubuh tidak kaget dengan suhu air dan juga agar tubuh tidak kram saat harus berhadapan dengan air. Jika sebelumnya Anda kurang tidur, jangan mencoba berenang karena tingkatan fokus akan berkurang.

- Teknik pernapasan

Cara berenang gaya bebas tetap harus memperhatikan cara mengambil napas. Latihan pernapasan pada umumnya dapat dilakukan ke arah serong kanan maupun serong kiri. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah gerakan kepala. Jika kepala diputar secara asal, akan terjadi ketegangan yang dapat berakibat kram.

Maka, atur otot leher dan kepala agar tetap rileks. Sebisa mungkin untuk membawa kepala keluar masuk secara santai saat mengambil napas. Saat proses ini, miringkan tubuh maksimal 30 derajat pada satu arah. Selain itu, jangan menahan napas terlalu lama dari yang diperlukan.

- Teknik lengan

Pada saat melakukan cara berenang gaya bebas, kedua lengan digerakkan jauh ke depan seperti gerakan mengayuh secara bergantian. Sembari mengayuhkan kedua lengan secara bergantian, kedua kaki bergantian digerakkan naik turun secara mendatar.

Seperti yang telah disebutkan di atas, kondisi tubuh harus sudah siap mengingat kemungkinan kram sangat besar terjadi di dalam air. Supaya teknik lengan dalam cara berenang gaya bebas dapat dilakukan dengan sempurna, Anda harus melatih gerakan lengan terlebih dahulu.

Misalnya, dengan tetap diam di tempat namun kedua lengan digerakkan seolah-olah sedang berenang. Diam di tempat maksudnya seperti posisi akan meluncur, yaitu pada pinggiran kolam renang.

- Teknik kaki

Teknik kaki yang tepat diperlukan saat sedang mempraktikkan cara berenang gaya bebas. Gaya bebas identik dengan gerakan kedua kaki yang sederhana, yaitu dengan naik turun sepanjang lintasan.

Anda dapat melatih gerakan kaki seperti saat melatih gerakan lengan. Bedanya, Anda hadapkan tubuh ke arah dinding pinggiran kolam renang, sambil kedua tangan berpegangan ke dinding. Selanjutnya, luruskan kedua kaki ke belakang dengan posisi tubuh tertelungkup.

Lalu gerakkan kaki ke atas dan ke bawah bergantian seperti sedang melakukan cara berenang gaya bebas. Pastikan kedua kaki berada di posisi rileks. Jangan sampai merasa tegang atau kaku karena dapat mempengaruhi kecepatan melaju saat berenang.

 

5 dari 5 halaman

9 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Sebelumnya telah disebutkan bahwa berenang baik untuk kesehatan tubuh. Lebih lanjut, berikut manfaat berenang yang perlu Anda ketahui:

1. Melatih pernapasan

Berenang mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena gerakan saat berenang meliputi otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar, dan juga pembuluh darah.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Dengan rajin berenang, maka Anda bisa mendapatkan otot dan tulang yang kuat. Otot yang kuat akan terlihat dari postur tubuh. Perlahan, bentuk tubuh akan semakin atletis karena otot yang terbentuk sempurna.

3. Meninggikan badan

Jika ingin memiliki tubuh yang tinggi, salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Berenang membuat tubuh sehat juga tinggi. Maka dari itu, ajarkan anak sedari dini untuk berenang.

4. Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat berenang adalah menyehatkan jantung yang nantinya akan meningkatkan sistem pernapasan makin lebih baik.

5. Bentuk tubuh ideal

Berenang merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal. Bagian bisep mampu terbentuk efektif jika Anda sering berenang. Hal ini karena seluruh anggota tubuh bergerak.

6. Meredakan stres

Banyak bergerak mampu menghilangkan stres dan merangsang hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Bahkan, tanpa Anda sadari, saat bersentuhan dengan air pun, suasana hati menjadi lebih senang.

7. Meredakan radang sendi

Postur tubuh yang kurang ideal bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan semakin kencang.

8. Menurunkan berat badan

Berenang adalah olahraga yang paling bagus untuk membakar lemak. Jika Anda ingin cepat kurus, maka rajinlah berolahraga.

9. Menurunkan risiko diabetes

Siapa sangka, manfaat berenang lainnya adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Hal ini, karena berenang mampu membakar kalori dan lemak hingga gula sehingga Anda pun terbebas dari diabetes.