Sukses

Cara Menggambar Orang dengan Mudah, dari Wajah Hingga Seluruh Badan

Liputan6.com, Jakarta Menggambar adalah salah satu pelajaran yang menyenangkan bagi sebagian orang. Sejak dini anak-anak telah diperkenalkan dengan kegiatan menggambar. Tak hanya mendapatkan pelajaran akademik, banyak sekolah juga memberikan kelas menggambar pada para muridnya

Banyak orangtua yang bahkan telah memberikan kebebasan pada anaknya sejak dini untuk berkreasi pada kertas dan pensil-pensil warna. Walaupun tak beraturan, saat anak menggambar sejatinya ia sedang dalam proses belajar.

Namun tak semua orang memiliki ketertarikan menggambar sejak dini. Ada juga yang baru memiliki ketertarikan menggambar saat sudah dewasa. Tak ada yang salah dalam proses belajar. Tidak ada kata terlambat dalam belajar, begitulah kata pepatah. Bagi kamu tak perlu khawatir jika baru tertarik dalam hal menggambar.

Ada beberapa cara menggambar orang yang bisa dilakukan. Dilansir Liputan6.com, Senin (4/3/2019) dari berbagai sumber ada beberapa tutorial cara menggambar orang dari wajah hingga seluruh tubuh. Ini bisa langsung kamu praktikkan sendiri di rumah.

2 dari 4 halaman

Menggambar wajah orang dengan pensil

Sebelumnya hal yang perlu kamu persiapkan adalah pensil. Jika bisa kamu gunakan pensil HB yang tipis agar mudah dihapus. Penggaris, penghapus, kertas putih polos dan rautan. Cara menggambar orang yang dimulai dengan wajah, bisa kamu ikut langkah - langkahnya sebagai berikut.

1. Buat sebuah lingkaran. Lalu buat garis vertical yang berada ditengah lingkaran tersebut. Setelah itu kamu buat garis seolah kamu akan membuat dagu. Usahakan untuk simetris agar wajah terlihat rapi.

2.  Selanjutnya kamu bisa gunakan penggaris untuk mengukur jarak dalam wajah. Hal ini dibutuhkan agar ukurannya lebih terlihat nyata dan tidak besar atau kecil pada salah satu bagian wajah.

Buat 8 bagian garis secara horizontal menggunakan penggaris dan beri tanda ABC, garis tengah dan 123 seperti pada gambar.

3. Buat gambar mata pada garis tengah. Usahakan dengan ukuran sama dan pada posisi yang pas antara kanan dan kiri.

Lalu buat sketsa hidung dengan dua garis vertical dekat pada ujung dalam mata. Buat pula lingkaran kecil pada garis 2 yang berada ditengah sebagai penanda ujung hidung. Lalu beri garis-garis kecil untuk membentuk hidung.

4. Buat alis pada atas mata dengan sedikit menarik garis ujung batang hidung. Jika punya, kamu bisa gunakan pensil 4B untuk membuat alis agar lebih halus.

5. Lalu buat segitiga pada bawah hidung sebagai penanda sketsa bibir. Kamu juga perlu menarik garis vertikal dari tengah kedua mata hingga bagian bibir. Garis ini berfungsi untuk posisi bibir yang pas pada wajah.

6. Kamu bisa menambahkan telinga pada kanan dan kiri wajah. Buat telinga yang memiliki tinggi dari garis tengah hingga garis 2. Lalu kamu bisa tambahkan hiasan seperti rambut sesuai dengan keinginan dan imajinasimu. Usahakan rambut berada pada garis A dan B agar dahinya tidak terlalu besar atau kecil.

3 dari 4 halaman

Cara menggambar orang dengan seluruh badan

Sama seperti menggambar wajah, cara menggambar orang seluruh badan kamu memerlukan sketsa terlebih dahulu. Bahan dan alat yang perlu kamu perlukan sebelum mencermati cara menggambar orang seluruh badan sama seperti sebelumnya yaitu pensil dan kertas putih polos. Kamu juga bisa gunakan kertas kanvas.

4 dari 4 halaman

Cara menggambar orang dengan seluruh badan, berikut langkah-langkahnya.

1. Buat lingkaran dengan bentuk sedikit oval. Lalu buat garis vertikal panjang kebawah dan garis horizontal dekat dengan lingkaran tadi. Untuk garis horizontal tak perlu terlalu panjang.

2. Lalu buat garis horizontal sama seperti sebelumnya. Kemudian buat garis untuk menghubungkannya pada sisi kanan dan kirinya, sehingga membentuk kotak. Setelah itu buat lengkungan garis U untuk menghubungkan bagian bawah dengan melewati sisa garis vertikal yang memanjang.

3. Lalu buat sketsa paha dengan bentuk lonjong yang diberi lingkaran kecil pada ujungnya. Kemudian buat bentuk lonjong lagi dengan ukuran lebih kecil dan ramping untuk sketsa betis. Buat dua untuk sisi kanan dan kirinya.

4. Buat sketsa leher dan lengan tangannya. Kamu cukup gambar dengan bentuk lonjong untuk tangannya dan diberi lingkaran kecil pada ujungnya. Pada ujung lingkarannya beri sketsa jari-jarinya. Buat dua untuk sisi kanan dan kirinya.

5. Hapus sketsa garis-garis bantu tadi dan beri detail pada jari tangan dan jari kakinya. Selesai.

Cukup mudah bukan cara menggambar orang seluruh badan? Bagi pemula menggambar objek orang memang membutuhkan bantuan sketsa. Jika kamu sudah terbiasa maka kamu tidak perlu lagi menggunakannya.