Sukses

Cara Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard yang Cepat dan Akurat

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menempuh kursus hanya untuk bisa mengetik dengan cepat di keyboard komputer. Di kursus, mereka diajarkan untuk mengetik dengan 10 jari, yang dapat mempercepat proses mengetik. Namun ternyata kunci kecepatan mengetik ternyata bukan di sana saja. 

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang berpartisipasi dalam kursus mengetik cepat dan mampu mengetik 10 jari, punya kecepatan mengetik yang sama dengan mereka yang otodidak dan hanya memakai 6 jari.

Ternyata, jumlah jari yang dipakai bukanlah kunci mengetik cepat, namun posisi yang benarlah yang dapat membuat jadi anda menekan lebih banyak tombol dalam suatu waktu.

Studi tersebut juga menjelaskan bahwa tipe pengetik otodidak ataupun peserta kursus, mampu mengetik dengan kecepatan 75 kata per menit.

Data ini juga menunjukkan bahwa faktor lain sangat berpengaruh pada kecepatan, seperti posisi tangan atau jumlah huruf yang digunakan di jari yang sama.

Namun, bagi kamu yang masih ingin mengetahui cara mengetik 10 dengan cepta dan akurat. Berikut liputan6.com rangkum cara mengetik 10 jari dengan cepat dan akurat yang bisa kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, Jumat (1/3/2019).

2 dari 5 halaman

Perhatikan letak jari tangan kanan pada keyboard

Fakor jari dalam Cara Mengetik 10 Jari punya peran penting. Letak tiap jari yang kita miliki sudah dipetakan dengan baik pada keyboar agar kamu dengan mudah mengetik dengan 10 jari.

Namun, hal inilah yang menjadi kendala banyak orang dalam mengetik. Jadi, yang harus kamu perhatikan jari-jari memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Jari tangan kanan

1.  Telunjuk : Jari telunjuk harus di letakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6

2.  Jari Tengah : Jari tengah Bertugas menekan huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)

3. Jari Manis :  jari manis diletakkan pada huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt

4. Kelingking :  Jari kelingking diletakkan pada tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku { } / [ } , garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.

5. Jempol : Jari jempol fokus pada spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

3 dari 5 halaman

Letak Jari Tangan Kiri pada Keyboard

1. Telunjuk : Jari telunjuk sebelah kiri berfungsi untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,

2. Jari Tengah : Jari tengah sebelah kiri digunakan untuk huruf D, E, C, dan angka 3.

3.  Jari Manis : Jarri manis digunakan untuk huruf S, W, X, dan 2.

4.  Kelingking : Sedangkan kelingking sebelah kiri diletakkan pada hurud  A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

5.  Jempol : Adapun jempok diletakan pada Menekan pada spasi.

Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.

4 dari 5 halaman

Perhatikan posisi duduk dan badan saat mengetik

Tidak hanya letak jadi, posisi badan dan duduk juga berperan penting dalam cara mengetik 10 jari. Selain juga baik untuk kesehatan, peran duduk dan badan juga sangat penting dalam mengetik.

Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu punggung santai tapi tidak membungkuk. Posisi kepala jangan membungkuk atau terlalu condong ke depan.

Posisi paha juga harus diperhatikan posisi yang baik adalah horizontal, sejajar dengan lantai. Telapak kaki menapak ke tanah, jangan sampai kaki menggantung entah karena disengaja atau lantaran bangku yang terlalu tinggi.

Serta ubahlah posisi duduk secara berkala selama bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan, sesekali bangun mencari udara segar kemudian duduk kembali. Jangan lupa sediakan air mineral yang cukup didekat anda agar kita tidak melupakan kegiatan yang namanya minum.

5 dari 5 halaman

Praktikan setiap hari dan hilangkan kebiasaan buruk

Salah satu yang paling penting yaitu mempraktekan atau berlatih setiap hari. Dengan berlatih kamu dapat untuk latihan dan mengulang-ulang semua fungsi tombol agar bisa menguasai letaknya tanpa harus melihat lagi.

Bagi kamu yang ingin belajar onlinepun saat ini sudah banyak aplikasi atau situs web yang menyediakan cara mengetik 10 jari.

Di antaranya typing.com, typeonline.co.uk, typingtutor-online.com, serta masih banyak lainnya.

Selain praktek setiap hari kamu juga harus mencoba untuk menghilangkan kebiasaan buruk mengetik dengan dua jari saja. Hal tersebut sangat tidak efektif karena mata kita biasanya harus terus melihat keyboard agar kita tidak salah menekan tombol.

Meskipun kamu bisa mengetik dengan cepat menggunakan 2 jari karena sudah terbiasa, kamu tetap harus menyingkirkan kebiasaan tersebut dan mulailah beralih ke cara yang benar.