Sukses

Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Tidur, Dijamin Jadi Kunci Hubungan Awet

Hal-hal yang dilakukan bersama pasangan sebelum tidur ini akan menambah ikatan emosional antara kalian berdua.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga awetnya sebuah hubungan, tentu diperlukan adanya komunikasi yang baik. Sarapan atau makan bersama pasangan tentu menjadi salah satu momen yang pas untuk saling bertukar cerita. Namun, ada satu momen terpenting lo, yakni saat tidur.

Jadikanlah tidur sebagai momen untuk menjaga keintiman dan kehangatan hubunganmu bersama pasangan. Penasaran hal-hal apa saja yang harus dilakukan bersama pasangan sebelum tidur? Berikut ulasannya seperti melansir dari Brightside, Jumat (15/2/2019).

1. Matikan Semua Gadget 

Ketergantungan terhadap media sosial akan menekan pelepasan hormon oksitosin dalam tubuhmu. Padahal hormon ini diperlukan untuk membangun ikatan emosional dan keintiman dengan pasanganmu.

Jika terlalu sibuk bermain gadget, maka tidak akan ada waktu bagimu dan pasangan untuk bertukar cerita, saling memberikan kasih sayang dan perhatian. Padahal seharian penuh kamu dan pasangan sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

2. Lupakan Semua Masalah dan Pekerjaan

Cobalah untuk melupakan semua masalah, terutama masalah dalam pekerjaanmu. Jangan balas e-mail pekerjaan jika kamu sedang berada di ranjang bersama pasangan. Hal yang lebih baik dilakukan adalah menghabiskan waktu bersama menjelang tidur dan beristirahat bersama agar kamu lebih produktif dalam bekerja di keesokan harinya.

Hindari membahas tentang masalah keuangan atau hal lainnya yang akan membuat pasanganmu menjadi cemas, sehingga tidur pun menjadi tidak berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tidur di Waktu Bersamaan

Pasangan yang setiap harinya memiliki kesibukan masing-masing tidak memiliki waktu untuk dapat menghabiskan waktu berdua. Jadikanlah momen menjelang tidur menjadi momen untuk berdua bersama pasangan.

Lakukan kegiatan yang dilakukan sebelum tidur bersama-sama seperti sikat gigi dan cuci kaki bersama dan tidur di waktu yang sama. Hal ini akan mempertahankan kehangatan dan keintiman dalam hubunganmu bersama pasangan.

4. Bercerita dari Hati ke Hati

Sebelum tidur, pasti akan ada momen di mana kamu dan pasangan akan bertukar cerita mengenai keseharianmu. Perhatikanlah perasaan dan keadaan hati kamu.

Jika pasangan terlihat sedih atau cemas, pastikan kamu ada di sana untuk bertanya dan memberikan dukungan kepadamu. Bahkan terkadang, pasangan hanya perlu didengarkan dan dimengerti akan masalah yang dihadapi. Hal yang paling penting menurut Psikolog Ryan Howes adalah memberikan perasaan dan aura positif kepada pasangan. Hal ini dapat membantunya untuk tidur dengan perasaan nyaman dan semangat untuk menjalani hari di keesokan harinya.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengatakan padanya bahwa betapa kamu sangat mencintai pasangan kamu.

3 dari 3 halaman

5. Jangan Memulai Percakapan yang Berujung Amarah

Buanglah jauh-jauh masalah dan amarah yang kamu punya saat bersama pasangan. Hindari membahas hal-hal yang tidak nyaman dan akan mambuat pasangan menjadi geram dan marah. Berikanlah kata-kata penyemangat untuknya, beritahu kepadanya bahwa kamu memiliki waktu yang menyenangkan selama berada di kantor hari itu, dan sebagainya.

6. Berikanlah Pelukan dan Ciuman Mesra

Jangan lupa untuk selalu memberikan perlakuan ini terhadap pasangan ketika menjelang tidur. Hal ini akan membuatmu dan pasangan saling percaya bahwa cinta kalian begitu besar dan hubungan yang begitu dekat. Hal ini akan membuatmu dan pasangan merasa rileks dan menimbulkan emosi positif.

7. Usahakan Anak atau Hewan Peliharaan Tidak Tidur Bersamamu

Menurut psikolog Michael Viner-Davis, hanya pada saat waktu-waktu tertentu anak dapat tidur bersama orangtua, seperti saat mereka sedang mengalami mimpi buruk. Selebihnya, kamar kamu adalah ruang bagi privasimu bersama pasangan.

Kamu dan pasangan harus memiliki celah untuk berdua saja untuk menjaga dan mempertahankan keintiman hubunganmu bersama pasangan.

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.