Sukses

Viral di Media Sosial, Ini Manfaat Ikut 10 Years Challenge Buat Dirimu

Media sosial tengah diramaikan dengan tagar 10 years challenge.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial tengah diramaikan dengan tagar 10 years challenge. Apa kamu ikutan juga? Ya tantangan yang menunjukkan perubahan diri selama 10 tahun ini sempat menjadi topik utama di media sosial. Di instagram saja, tagar 10 years challenge mencapai 4 juta lebih unggahan tentang perubahan diri ini.

Tantangan ini juga menjadi ajang nostalgia atau membuka lembaran masa lalu. Betapa tidak, selama 10 tahun semua orang pasti mengalami perubahan dalam hidup yang sangat berarti. Mulai diri perubahan fisik, perubahan nasib bahkan perubahan lainnya dalam kehidupan.

Terkadang melihat perubahan diri tersebut kamu merasa senang dan bahagia atau melihatnya karena lucu. Terlintas dipikiran betapa lucunya diri kamu di masa lalu. Ya inilah nostalgia, rasa rindu terhadap momen atau kenangan indah di masa lalu yang diabadikan melalui bidikan kamera dan menghasilkan foto.

Apakah kamu tahu jika nostalgia memiliki manfaat juga loh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Constantine Sedikides dan Tim Wildschut dari Universitas Southampton di Inggris, nostalgia ternyata dapat membawa banyak manfaat yang dapat menjadi kekuatan seseorang dalam menghadapi masa kini dan masa depan.

Berikut manfaat 10 years challenge dilansir dari berbagai sumber.

1. Menghadirkan suasana hati yang baik

Saat mengingat masa lalu, tentunya kamu hanya akan ingat dengan kenangan indah atau kenangan yang manis di masa lalu. Tidak ingin mengingat hal-hal yang pahit atau buruk di masa lalu.

Ketika seseorang mengingat hal yang indah, ini adalah obat yang manjur untuk meringankan kesedihan. Nostalgia dapat memperbaiki suasana hati terlebih lagi jika kamu mampu mengambil pelajaran dari masa lalu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Membuat masa depan terlihat cerah

Siapa bilang nostalgia dapat menjebak kamu pada masa lalu. Nostalgia ternyata membuat seseorang merasa lebih optimis untuk meraih apa yang diinginkan di masa depan.

Dalam waktu sulit, mengingat kembali saat yang indah menyenangkan bisa menjadi motivasi diri kedepannya agar lebih baik. Seperti pepatah berkacalah dari masa lalu.

3. Hidup terasa lebih berarti

Ketika melihat foto di masa lalu, kamu pasti akan mengucap syukur karena 10 tahun dari foto tersebut kamu masih diberikan nikmat luar biasa yakni nikmat hidup dan sehat. Nostalgia juga berguna untuk mengubah cara pandang mengenai masa sulit sudah berlalu.

 

Penulis:

  

Nihlah Fauziyatul Wafa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.